Wednesday, July 28, 2021
Home Health Hal yang Harus Dilakukan Usai Makan dalam Jumlah Banyak

Hal yang Harus Dilakukan Usai Makan dalam Jumlah Banyak

Media Indo Pos,Surabaya – Pada saat melewatkan sarapan atau makan siang, kita kerap kali ingin balas dendam pada waktu makan setelahnya.

Hal ini menyebabkan kita menjadi makan berlebih pada kesempatan makan selanjutnya.

Rasa lapar berlebih yang muncul ini menyebabkan kamu menjadi makan dalam jumlah berlebih pula. Padahal, makan berlebih terutama pada perut kosong ini sangat tidak ideal.

Sejumlah dampak buruk bisa kamu alami ketika makan dalam jumlah berlebih. Mulai dari perut yang begah, rasa mual, hingga sejumlah dampak buruk lainnya.

Walau begitu, ketika kamu sudah terlanjur makan dalam jumlah berlebih, terdapat sejumlah cara untuk mencegah dampak buruk ini. Dilansir dari Web MD, berikut sejumlah hal yang harus dilakukan usai makan berlebih untuk mencegah munculnya dampak buruk.

Bersantai
Usai makan dalam jumlah besar, jangan langsung tergesa-gesa beraktivitas berat. Bersantai terlebih dahulu serta jangan merasa terlalu bersalah dengan pola makan yang kamu lakukan.

Berjalan dan Jangan Berbaring
Berjalan
Berjalan ringan setelah makan besar bisa menstimulasi pencernaan serta menstabilkan kadar gula darah. Kamu bisa melakukannya dengan santai dan jangan berlebih karena olahraga berat justru bisa memperlambat pencernaanmu.

Jangan Berbaring
Usai makan besar, jangan berbaring dan jangan tidur karena bisa membuat kalori yang masuk ke tubuh tidak terbakar sempurna. Berbaring dalam kondisi perut penuh juga bisa memperlambat pencernaan dan memperburuk masalah asam lambung yang kamu alami.

Minum Cukup Air dan Hindari Minuman Bersoda
Minum Cukup Air
Usai makan, minum cukup air namun jangan lakukan secara berlebih. Menyesap cukup air bisa membuang garam berlebih dari dalam tubuh yang menjadi penyebab konstipasi. Minum air sedikit demi sedikit sepanjang hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Hindari Minuman Bersoda
Usai makan dalam jumlah besar, hindari konsumsi minuman bersoda. Pasalnya, ketika kamu mengonsumninya, gas yang kamu telan bersama minuman ini bisa memenuhi sistem pencernaan dan membuatmu semakin kembung.

Berolahraga dan Rencanakan Makanan Selanjutnya
Berolahraga
Usai makan besar, tunggu sekitar tiga hingga empat jam sebelum berolahraga. Disarankan berolahraga untuk membakar kalori berlebih, mempercepat metabolisme, serta mencegah konstipasi. Olahraga teratur juga membantu dalam mengontrol mood serta rasa lapar sehingga kamu tidak makan berlebih selanjutnya.

Rencakanan Makanan Selanjutnya
Usai makan dalam jumlah berlebih, sangat disarankan untuk merencanakan apa yang harus kamu konsumsi selanjutnya. Hal ini agar kamu tidak konsumsi makanan dalam jumlah berlebih.

Untuk makanan yang selanjutnya kamu konsumsi, sangat disarankan untuk memilih makanan rendah kalori. Selain itu perhatikan juga jam makan agar kamu terhindar dari rasa lapar berlebih yang menjadi penyebab kamu makan berlebihan.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments