Wednesday, July 28, 2021
Home Health Wujudkan Lingkungan Bersih untuk Bebas Demam Berdarah, Lakukan 5 Pencegahan Ini

Wujudkan Lingkungan Bersih untuk Bebas Demam Berdarah, Lakukan 5 Pencegahan Ini

Media Indo Pos,Surabaya – Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul di Indonesia. Penyakit ini berasal dari gigitan nyamuk aedes aegypti yang terinfeksi dengue.

Pada nyamuk, virus dierami selama 8 sampai 10 hari. Setelah inkubasi, jika nyamuk menggigit orang yang sehat, orang tersebut akan tertular demam berdarah. Dalam waktu sekitar 4 hingga 10 hari, gejala mulai muncul pada orang yang terinfeksi.

Pada lingkungan Indonesia yang beriklim tropis, penyakit ini lebih rentan muncul. Hal ini terutama pada musim hujan ketika banyak genangan air yang muncul.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya nyamuk demam berdarah. Wujudkan lingkungan bersih untuk bebas demam berdarah juga merupakan salah satu caranya.

Sejumlah cara lain juga bisa dicoba untuk mencegah munculnya nyamuk demam berdarah di lingkungan rumah. Berikut lima cara cegah munculnya nyamuk demam berdarah di lingkungan rumah.

1. Jaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Wujudkan lingkungan bersih untuk bebas demam berdarah harus dimulai dari rumah dan lingkungan sekitar. Kondisi lingkungan yang bersih bisa mencegah nyamuk demam berdarah singgah dan bertelur.

2. Jaga Tempat Penampungan Air

Perhatikan kebersihan tempat penampungan air karena di sana lah biasanya nyamuk demam berdarah dan chikungunya berkembang biak. Perhatikan terutama pada tempat di luar rumah seperti ember atau bak terbuka, dan pastikan bersihkan secara rutin.

3. Pilih Pakaian yang Tepat

Memakai pakaian yang tepat bisa menurunkan kemungkinan kamu digigit nyamuk. Pastikan menggunakan pakaian yang cukup tertutup serta hindari pakaian berwarna gelap yang cenderung disukai oleh nyamuk.

4. Pasang Jaring dan Gunakan Pengusir Nyamuk

Penggunaan pengusir nyamuk seperti semprotan, obat nyamuk bakar, krim, dan lain sebagainya bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa memasang jaring pada lubang-lubang sekitar rumah untuk mencegah nyamuk masuk.

5. Ingatkan Lingkungan Sekitar Bahaya Nyamuk Demam Berdarah

Ketika kamu sudah berusaha maksimal mencegah nyamuk demam berdarah di rumah, kini saatnya untuk munculkan kesadaran ini ke orang di sekitarmu. Ingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan hindari penampungan air terbuka. Wujudkan lingkungan bersih untuk bebas demam berdarah ini bisa diterapkan pada cakupan yang lebih besar di lingkungan sekitarmu.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments