Sunday, September 19, 2021
Home Health POGI Dorong Vaksinasi Pada Ibu Hamil

POGI Dorong Vaksinasi Pada Ibu Hamil

Media Indo Pos,Jakarta – Perhimpunan Obstetri dan Ginekolog Indonesia (POGI) mendorong pemberian vaksin pada ibu hamil. Vaksinasi merupakan bagian dari upaya perlindungan dari bahaya Covid-19 yang diberikan kepada mereka yang tengah mengandung buah hati.

Perlindungan tersebut, tegas dia, sesungguhnya tidak hanya bagi ibu hamil, melainkan juga bagi orang sekitar mereka. Juga tenaga medis yang menangani.

“Kami mendorong adanya vaksinasi untuk ibu hamil. Karena ini adalah salah satu upaya kita untuk melakukan pencegahan di mana ibu hamil harus dilindungi. Juga untuk keluarganya,” kata Ketua POGI dr Ari Kusuma Januarto, dalam konferensi pers daring, Jumat (2/7).

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai cabang POGI terdapat 536 ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19. Data tersebut dikumpulkan dalam sejak April 2020.

“Sejak april 2020 sampai Maret April 2021,kita mendapatkan ada 536 ibu hamil yang positif Covid-19,” ujar dia.

Dari jumlah tersebut, terdapat 51 persen ibu hamil merupakan OTG alias orang tanpa gejala. Kenyataan ini tentu menjadikan mereka bisa menularkan virus kepada keluarga dan tenaga kesehatan.

“Ini yang mungkin menjadi celah. Karena mereka hidup di suatu keluarga mungkin juga pada keluarganya. Bahkan pada tenaga medis juga,” tegas dia.

Dari 51 persen tersebut, 72 persen itu diketahui positif Covid-19 justru pada usia kehamilan memasuki 37 minggu. Atau yang dikenal dengan masa inpartu.

“Artinya ini mungkin terlambat diketahui atau dia baru datang. Kita tahu 37 minggu itu masa-masa inpartu, pada masa-masa dia mau melahirkan. Ini jelas akan membutuhkan fasilitas untuk dirujuk dan sebagainya,” urai dia.

Karenanya pihaknya mendorong agar vaksinasi Covid-19 terhadap ibu hamil perlu dilakukan. “Kita sedang mempersiapkan, kita akan keluarkan rekomendasi untuk vaksinasi pada ibu hamil,” jelasnya pada awak media ini.(Red)


close






Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments