Tuesday, December 7, 2021
Home Health Nakes Akan Terima Booster Vaksin Moderna, Persiapan Sampai Mana?

Nakes Akan Terima Booster Vaksin Moderna, Persiapan Sampai Mana?

Media Indo Pos,Jakarta – Tenaga kesehatan di Indonesia disebut-sebut akan mendapatkan booster atau suntikan ke-3 vaksin COVID-19. Tak lain, untuk memberikan proteksi lebih kepada tenaga kesehatan di tengah lonjakan kasus COVID-19 dan angka kematian di Indonesia.

Ketua Tim Mitigasi PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT menyebut, istilah yang lebih tepat bukanlah ‘suntikan ke-3’, melainkan ‘booster’. Menurutnya, pemberian booster adalah hal lazim dalam proses vaksiansi, bukan hanya vaksin Corona.

“Jadi kalau istilah kami bukan penyuntikan yang ketiga. Kalau penyuntikan ketiga nanti terkesan kita dapat 3 kali masyarakat masih banyak yang belum. Saya lebih membahasakannya adalah boster karena vaksin itu memang selalu harus ada booster seperti halnya vaksin influenza vaksin yang lainnya pun ada booster,” terangnya dalam diskusi daring, Selasa (13/7/2021).

“Kapan diberikan booster? Bisa 6 bulan atau 1 tahun tergantung antibodi yang kemudian terbentuk,”lanjutnya.

Sudah sampai mana persiapannya?

Ia berharap, pemberian booster pada tenaga kesehatan akan menjadi langkah tepat, mengingat lonjakan kasus positif dan kematian akibat COVID-19 juga dialami para tenaga kesehatan.

“Kondisi saat ini yang jumlah kematian dan jumlah kesakitan di tenaga medis nakes ini melonjak sejalan dengan kenaikan kasus akhirnya berdampak juga kasus sakit dan wafatnya para tenaga medis dan tenaga kesehatan,” ujar dr Adib.

“Secara teknis memang masih kita diskusikan, mungkin dengan pola yang sama dengan pemberian vaksin dosis 1 dan dosis 2. Tentunya ini kita harapkan bisa segera dilaksanakan sehingga temen-teman pun bisa menjadi 1 upaya dari perlindungan yang saat ini karena kondisinya saat ini memang cukup mengkhawatirkan,” pungkasnya. (Red)


close






Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments