Sunday, September 19, 2021
Home Health Apakah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Makanan?

Apakah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Makanan?

Media Indo Pos,Jakarta – Seiring penyebaran virus corona, masyarakat khawatir Covid-19 bisa menyebar lewat makanan. Lalu bagaimana faktanya?

Sumber Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM), WHO, dan Covid-19.go.id menyebutkan, virus penyebab Covid-19 belum terbukti bisa menyebar melalui makanan. “Virus butuh inang atau jaringan hidup untuk bisa berkembang biak,” demikian informasi dalam akun Instagram @lawancovid19_id Kementerian Komunikasi dan Informatika, Minggu (25/7/2021).

Penyebaran utama Covid-19 adalah melalui droplet yang dihasilkan saat orang berbicara, batuk, atau bersin, yang masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut.

Meski demikian kata akun tersebut, masyarakat bisa menerapkan cara konsumsi makanan yang lebih aman sehingga bisa menghindari penularan penyakit. “Misalnya mencuci tangan yang bersih sebelum makanan, memastikan makanan disajikan dengan penutup, serta mengelola makanan dengan aman,” demikian keterangan akun resmi tersebut.

Sebagai tambahan, sama seperti virus dan bakteri lainnya, virus penyebab Covid-19 juga tidak tahan panas, sehingga pastikan memasak makanan hingga matang setidaknya mencapai 70°C dan atau panaskan kembali makanan bila diperlukan. “Disiplin 3M + vaksinasi Covid-19 tetap menjadi ikhtiar kita bersama hentikan penularan,” kata akun @lawancovid19_id.

Menurut keterangan tersebut, penularan penyakit akibat pangan dapat terjadi bila tidak mencuci tangan ketika hendak makan, makanan disajikan tanpa penutup serta makanan tidak dikelola secara aman.

Untuk itu pastikan lima kunci keamanan pangan berikut:

1. Menjaga kebersihan alat masak dan makan.
2. Pisahkan pangan matang dan pangan mentah.
3. Masak hingga benar-benar matang.
4. Jaga pangan di suhu aman.
5. Gunakan air bersih dan bahan baku yang aman.

(Red)


close






Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments