Tuesday, January 18, 2022
Home Health Manfaat Menanam Sayur dan Buah di Pekarangan Rumah

Manfaat Menanam Sayur dan Buah di Pekarangan Rumah

Media Indo Pos,Surabaya – Pernahkah terpikir dalam benakmu untuk menanam sayur dan buah di pekarangan rumah? Dengan kita menanam sayur dan buah di pekarangan rumah, maka kita akan mendapatkan manfaat yang besar. Bukan hanya dari segi kesehatan, tetapi juga segi ekonomis, serta berpengaruh terhadap alam semesta.

Seperti yang kita ketahui betapa banyak manfaat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan bagi kesehatan manusia. Menurut Kementerian Kesehatan, buah dan sayur kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun sayur dan buah seperti bayam, lobak, alpukat dan jeruk juga menjadi sumber kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Serta serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat menurunkan kolesterol, membuat cepat kenyang, dan melancarkan pencernaan.

Selain dari banyaknya kandungan yang terdapat dalam sayur dan buah yang baik untuk kesehatan, mengkonsumsi sayur dan buah berdasarkan hasil panen sendiri jauh lebih sehat, lantaran banyak sekali di luar sana produk sayur dan buah yang dikelola dengan pestisida yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Dengan kita menanam sayur dan buah di pekarangan rumah, tentu saja kita akan mengelolanya sealami mungkin tanpa adanya bahan-bahan kimia seperti pestisida, hal ini membuat keluarga kita menjadi lebih sehat serta terhindar dari bahan-bahan kimia pada sayur dan buah.

Menanam sayur dan buah-buahan di pekarangan rumah bukan hanya memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, tetapi juga membuat kita menjadi lebih menghemat waktu dan uang. Dengan kita menanam sayur dan buah di pekarangan rumah, kita tak perlu lagi untuk membeli sayur dan buah di pasar yang terkadang harganya pun naik turun. Cukup dengan memetik hasil panen yang telah kita tanam maka kita dapat mengonsumsinya sepuas hati yang kita mau tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Selain itu, menanam sayur dan buah di pekarangan rumah juga bisa kita lakukan sebagai aktivitas untuk menghilangkan rasa bosan dan stres. Rasa bosan sebetulnya bukanlah hal yang berbahaya, tetapi jika kita membiarkan rasa bosan itu terus terjadi, bukan mustahil kita bisa melakukan aktivitas pelarian yang cenderung tidak baik, seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, berjudi, dan mengkonsumsi alkohol.

Ditambah dengan rumitnya permasalahan kehidupan, banyak membuat seseorang mengalami tekanan batin hingga memicu stres dan depresi, hal ini jika tidak mendapatkan penanganan bisa membuat seseorang terganggunya produktivitas, bahkan bisa timbul perasaan ingin bunuh diri.

Tim Lang, PhD, seorang professor kebijakan pangan di City University London, mengatakan bahwa melakukan kontak langsung secara rutin dengan tanaman, hewan, dan lingkungan alam dapat meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental seseorang.

Maka dengan itu, dengan kita menanam sayur dan buah-buahan di pekarangan rumah bisa menjadi kegiatan yang positif untuk menghilangkan rasa bosan dan meningkatkan kesejahteraan mental. Kegiatan ini dapat membantu kita menjadi lebih rileks, sehingga dapat menurunkan kondisi stres pada diri kita.

Selain itu, dengan adanya isu pemanasan global yang menjadi perbincangan hangat di dunia sains menjadi tantangan bagi masyarakat dunia, lantaran perlu ada pencegahan dari kita semua untuk mencegah terjadinya pemanasan global yang sangat berdampak bagi kehidupan dunia. Hutan dan kawasan penghijauan yang semakin menipis sangatlah berpengaruh akan terjadinya pemanasan global.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan dari yang paling kecil adalah melakukan penghijauan di lingkungan sekitar, di antaranya adalah menanam sayur-sayuran dan pohon buah-buahan di pekarangan rumah.

Aktivitas manusia seperti pembakaran fosil, penggunaan kendaraan bermotor, dan lain sebagainya yang menghasilkan emisi karbon dioksida yang sangat tinggi menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Peran penting tumbuhan sangatlah berpengaruh untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

Lantaran tumbuhan memperoleh energi atau makanan dengan fotosintesis. Tumbuhan berfotosintesis dengan mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen (O2), dengan terserapnya karbon dioksida di udara oleh tumbuhan dapat mencegah terjadinya pemanasan global.

Bukan hanya itu, kualitas udara yang kita hirup menjadi lebih bersih dan sehat. Bayangkan jika semua orang di dunia ini melakukan penghijauan di lingkungannya masing-masing, seberapa bersih kualitas udara yang kita hirup dan seberapa besar peran kita dalam mencegah terjadinya pemanasan global? Maka dengan itu, sangatlah penting bagi kita untuk berperan aktif mencegah pemanasan global dengan melakukan penghijauan di lingkungan sekitar.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments