Tuesday, January 18, 2022
Home Health Anak Demam saat Perjalanan Liburan? Atasi dengan Cara Ini, Moms

Anak Demam saat Perjalanan Liburan? Atasi dengan Cara Ini, Moms

Media Indo Pos,Jakarta – Mengajak anak traveling memang menyenangkan, tapi di sisi lain juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Salah satunya adalah kecemasan saat tiba-tiba anak sakit dalam perjalanan, misalnya saja si kecil yang tiba-tiba demam.

Ya Moms, melihat anak demam saat perjalanan memang bisa membuat orang tua khawatir. Meski begitu, Anda tidak perlu panik berlebihan. Coba lah untuk tetap tenang dan lakukan beberapa cara ini saat anak demam di perjalanan.

Tips Hadapi Anak yang Demam saat Perjalanan Liburan
Kompres untuk turunkan panas

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan untuk mengompres, serta mengelap lipatan ketiak dan lipatan selangkangan selama 1-15 menit menggunakan handuk hangat ketika anak demam. Hal tersebut akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.
Atur suhu kendaraan

Anda juga dapat membantu mengeluarkan panas tubuh anak dengan mengatur suhu kendaraan senyaman mungkin. Jaga agar suhu ruangan sejuk, tetapi tidak terlalu dingin. Dengan begitu, anak bisa istirahat dengan nyaman.
Ganti pakaian longgar dan mudah menyerap keringat

Bila anak menggunakan pakaian yang ketat, segera ganti pakaian yang longgar. Pilih juga pakaian si kecil dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat, Moms. Pasalnya, bila menggunakan pakaian yang berbahan panas, hal itu dapat membuat suhu tubuh terjebak dan justru menyebabkan suhu tubuh semakin naik.

Pastikan anak tetap terhidrasi
Saat demam, tubuh si kecil dapat kehilangan cairan secara cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi pada anak dapat menyebabkan komplikasi serius dan memperburuk gejala demam.

Oleh karena itu, pastikan agar anak tetap mau minum. Bila si kecil masih menyusu dengan Anda, susui lebih sering ya, Moms!

Gunakan plester kompres demam
Bila tidak memungkinkan untuk menggunakan kompres air hangat saat di perjalanan, Anda juga bisa menggunakan plester kompres demam yang tersedia di pasaran untuk meredakan panas anak.

Berdasarkan penelitian dari International Journal of Current Pharmaceutical Review and Research, cooling pads atau plester kompres demam dapat membantu menyamankan kondisi demam yang dialami si kecil.

Gel pada plester kompres demam akan membantu mendinginkan permukaan panas akibat demam hingga 6-8 jam pemakaian per lembar. Ibu bisa menempelkan plester kompres demam ini pada dahi, lipatan ketiak dan lipatan paha. Namun sebelum menggunakan plester kompres demam, pastikan Anda menggunakan produk yang aman seperti Termorex Patch.

Termorex Patch adalah plester hidrogel yang berfungsi membantu menurunkan panas dan meringankan demam, membantu meredakan sakit kepala. Hidrogel merupakan resin penyerap yang mengandung banyak air.

Selama proses penguapan air, plester hidrogel dapat menyerap panas tubuh sehingga mempercepat penurunan suhu tubuh. Plester hidrogel ini juga mengandung menthol yang mudah menembus lapisan kulit dengan baik, sehingga meningkatkan efek pendinginan dan penurunan suhu tubuh.

Jangan khawatir, Moms, plester hidrogel ini tidak mengandung obat. Sehingga Terapi pendinginan dan penurunan suhu dengan mekanisme fisik ini sangat aman digunakan.

Selain itu yang perlu diketahui Moms, demam yang biasa muncul itu sebagian besar tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, Anda dapat membantu meringankan gejala yang dirasakan si Kecil.

Jangan lupa selalu membawa kotak P3K berisi obat-obatan untuk keluarga dan anak saat bepergian dan selalu siap sedia plester penurun panas, ya!(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments