Thursday, July 18, 2024
HomeHukum & Kriminal38 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba-Miras Diamankan, 3 Diantaranya Perempuan

38 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba-Miras Diamankan, 3 Diantaranya Perempuan

Media Indo Pos,Tulungagung – 38 pelaku penyalahgunaan narkoba dan minuman keras (Miras) diamankan Polres Tulungagung. 3 diantaranya perempuan. Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, mengatakan pengungkapan ini dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan. Terdiri dari 31 kasus dan yang tersebar di 8 kecamatan.

“Paling banyak wilayah Polsek Tulungagung kota dengan tujuh kasus, kemudian Sumbergempol enam kasus serta Polsek Kalangbret ada lima kasus,” kata Handono, Selasa (21/12/202).

Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya 101,79 gram sabu-sabu, hampir 1 kg ganja, 86.084 butir pil dobel L dan 2.285 botol minuman keras dari berbagai jenis. Alat komunikasi, timbangan, bong atau alat isap sabu, uang tunai dan sepeda motor.

“Dari 38 tersangka yang sudah kami amankan ini, ada tiga yang residivis. Artinya mereka pernah terlibat dalam kasus peredaran narkoba. Residivis ini ada yang beralih dari kasus pil dobel L sekarang sabu-sabu,” jelasnya.

Handono menambahkan upaya pemberantasan narkoba dan minuman keras tersebut akan semakin digencarkan, terlebih saat ini mendekati momen pergantian tahun. Pihaknya berharap upaya tersebut dapat menekan dampak buruk yang ditimbulkan.

“Karena berbagi kasus pengeroyokan atau penganiayaan di Tulungagung sebagian diawali dengan adanya pesta minuman keras.Makanya kami ingin pada momen Nataru ini tidak ada penyalahgunaan narkoba atau miras,” jelas Handono.

Sementara itu Kasatnarkoba Polres Tulungagung Iptu Didik Riyanto, mengatakan selain kasus narkotika, peredaran minuman keras cukup menonjol. Bahkan dalam penindakan yang dilakukan Satnarkoba, pihaknya berhasil mengamankan pasangan suami istri yang memasok minuman keras jenis arak Bali ke wilayah Blitar, Tulungagung, Kediri dan Trenggalek.

“Pasangan suami istri ini aslinya orang Malang, mereka kami amankan saat berada di Tulungagung. Barang bukti yang kami amankan dari pasutri tersebut 997 botol, jadi hampir seribu botol,” jelas Didik.

Saat ini puluhan tersangka tersebut narkoba ditahan di Polsek Tulungagung dan dijerat dengan UU Narkotika, Undang-Undang pangan serta UU Kesehatan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments