Tuesday, July 16, 2024
HomeHukum & Kriminal417 Napi Dapat Remisi Natal, 5 Langsung Bebas

417 Napi Dapat Remisi Natal, 5 Langsung Bebas

Media Indo Pos,Jawa Tengah – Sebanyak 417 Narapidana di Lapas dan Rutan di Jawa Tengah mendapatkan remisi Khusus Natal 2021. Lima narapidana di antaranya langsung bebas karena terhitung selesai menjalani masa pidananya.

“Dengan perincian Remisi Khusus (RK) I sebanyak 417 narapidana. Sedangkan, RK II (bebas) sebanyak 5 narapidana,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A Yuspahruddin, Jumat (24/12).

Dia menjelaskan narapidana yang mendapatkan remisi Natal 2021 mulai pemotongan masa tahanan selama 15 hari sampai 2 bulan. Dari 404 narapidana penerima remisi itu merupakan narapidana Dewasa. Sementara di golongan Anak Binaan ada 5 napi yang mendapatkan pengurangan masa hukuman.

“Jadi besaran remisi yang diterima masing-masing napi dan anak binaan ditentukan berdasarkan lama masa pidana yang telah dijalani oleh mereka,” ungkapnya.

Dari 46 Lapas dan Rutan di Jawa Tengah, ada 8 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang diketahui narapidananya tidak menerima remisi. Bahkan UPT yang terbanyak mendapatkan remisi untuk narapidana-nya adalah Lapas Kelas I Semarang mencapai sebanyak 82 napi.

Yuspahruddin mengatakan pemberian remisi berdasarkan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Remisi merupakan bagian dari sistem pembinaan berdasarkan perubahan perilaku.

“Jadi setiap narapidana yang mempunyai kelakuan baik, memenuhi syarat tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka berhak mendapatkan remisi sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang 12 tahun 1995,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan pemberian remisi bukan sekedar pengurangan masa tahanan, tapi merupakan apresiasi kepada narapidana yang telah berhasil menjalani masa pidana dan program pembinaan dengan baik.

“Remisi merupakan reward atau penghargaan bagi narapidana atas segala hal positif yang telah dilakukan selama menjalani masa pidana,” tuturnya.

Selain itu pemberian remisi berdampak pada penghematan anggaran. Dengan diberikan remisi, secara otomatis anggaran negara yang biasanya dikeluarkan untuk biaya makan narapidana juga akan berkurang.

“Dari jumlah tersebut di atas, Remisi Khusus Hari Raya Natal 2021 setidaknya menghemat anggaran sebesar Rp260.205.000,” jelasnya mengakhri perbincangan bersama awak media.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments