Tuesday, February 27, 2024
HomeHukum & KriminalBerkas Lengkap, 10 Anggota DPRD Muara Enim Segera Disidang

Berkas Lengkap, 10 Anggota DPRD Muara Enim Segera Disidang

Media Indo Pos,Jakarta – Sepuluh anggota dan mantan anggota DPRD Muara Enim, Sumatera Selatan, segera menjalani persidangan dalam perkara dugaan tindak pidana penerimaan hadiah atau janji pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR dan pengesahan APBD Muara Enim. Persidangan diagendakan berlangsung di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Palembang.

Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengungkapkan, tahapan sidang digelar setelah tim penyidik melaksanakan penyerahan tahan dua tersangka dan barang bukti kepada tim jaksa. Berkas perkara dinyatakan lengkap dan siap disidangkan.

“Tim penyidik telah melaksanakan tahap II untuk tersangka IG (Indra Gani BS) dan kawan-kawan kepada tim jaksa karena seluruh isi berkas perkaranya dinyatakan lengkap,” ungkap Ali Fikri, Selasa (28/12).

Dikatakan, para tersangka masih tetap dilakukan penahanan dan dilanjutkan oleh tim jaksa untuk masing-masing selama 20 hari ke depan terhitung 27 Desember 2021 sampai 15 Januari 2022.

Tersangka IG (Indra Gani BS), AYS (Ari Yoca Setiadi), MD (Mardiansyah), dan MH (Muhardi) ditahan di Rutan KPK Kavling C1. Di Rutan KPK pada gedung Merah Putih dilakukan penahanan terhadap tersangka IJ (Ishak Joharsah), ARK (Ahmad Reo Kusuma), MS (Marsito), dan FR (Fitrianzah). Sementara tersangka SB (Subahan) dan PR (Piardi) ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

“Tim jaksa segera menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkara termasuk surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor dalam waktu 14 hari kerja. Sidang berlangsung di Palembang,” pungkasnya.

Para tersangka merupakan hasil pengembangan kasus oleh KPK dalam perkara suap proyek pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR dan pengesahan APBD Muara Enim tahun 2019. Kasus ini sebelumnya menjerat sejumlah nama, yakni mantan Bupati Muara Enim Ahmad Yani, Bupati Muara Enim Juarsah dalam kapasitasnya sebagai Wakil Bupati Muara Enim periode 2018-2020, Ketua DPRD Muara Enim Aries HB, Plt Kadis PUPR Ramlan Suryadi, Kabid Pembangunan Jalan dan PPK di Dinas PUPR Muara Enim Elfin MZ Muhtar. Kasus tersebut juga menjerat seorang pihak swasta bernama Robi Okta Fahlefi.

Selaku anggota DPRD Muara Enim periode 2014-2019, mereka melakukan pengawasan atas kinerja bupati beserta jajarannya, khususnya pada program-program terkait proses pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR Muara Enim tahun 2019. Para tersangka diduga menerima pemberian uang sekitar Rp3,3 miliar sebagai uang aspirasi yang diberikan Robi Okta Fahlevi.

Sekitar bulan Agustus 2019, Robi Okta Fahlevi bersama dengan Elfin MZ Muhtar menemui Ahmad Yani yang saat itu menjabat selaku Bupati Muara Enim. Ahmad Yani kemudian memerintah Elvin MZ Muhtar untuk aktif mengakomodir keinginan Robi Okta Fahlevi dengan kesepakatan adanya pemberian commitment fee sebesar 10 persen dari nilai proyek untuk berbagai pihak yang ada di Pemkab Muara Enim dan para tersangka.

Pembagian proyek sekaligus penentuan para pemenang proyek di Dinas PUPR Muara Enim diduga dilakukan oleh Elfin MZ Muhtar dan Ramlan Suryadi sesuai arahan dan perintah dari Ahmad Yani, Juarsah, Rahmat Suryadi, dan tersangka FS dan kawan-kawan agar memenangkan perusahaan milik Robi Okta Pahlevi.

Dengan dimenangkannya Robi Okta Pahlevi untuk mengerjakan beberapa proyek di Dinas PUPR Muara Enim tahun 2019 dengan nilai kontrak mencapai Rp129 miliar, selanjutnya Robi Okta Pahlevi melalui Elfin MZ Mochtar melakukan pembagian commitment fee dengan jumlah beragam.

Antara lain pemberian uang oleh Robi Okta Pahlevi untuk para anggota DPRD diduga total sejumlah Rp5,6 miliar. Kemudian Ahmad Yani sekitar Rp1,8 miliar, dan Juarsah Wakil Bupati saat itu sekitar Rp2,8 miliar. Penerimaan oleh para tersangka dilakukan secara bertahap dan diduga akan digunakan sebagai bagian dari biaya kampanye untuk mengikuti pemilihan anggota DPRD Muara Enim periode berikutnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments