Saturday, March 2, 2024
HomeHukum & KriminalBongkar 7 Jaringan Narkoba selama 2021, 54 Tersangka Dipenjarakan

Bongkar 7 Jaringan Narkoba selama 2021, 54 Tersangka Dipenjarakan

Media Indo Pos,Kalimantan Timur – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur menyita narkoba antara lain 7,19 Kg sabu-sabu sepanjang 2021. Sebanyak 7 jaringan pengedar dibongkar pada tahun ini, termasuk jaringan Lapas.

Total 54 orang ditahan karena terlibat penyalahgunaan narkotika. Mereka merupakan tersangka dari 35 kasus narkotika yang diungkap BNNP Kaltim.

Berdasarkan pemeriksaan tim asesmen terpadu (TAT) BNNP Kaltim, dari 54 tersangka, 7 orang dinyatakan sebagai bandar, 19 pengedar narkoba, 4 orang perantara, 17 kurir, dan 7 pengguna narkoba. Dari tingkat pendidikan, 14 dari 54 tersangka hanya lulusan SD.

BNNP Kaltim yang membawahi BNNK Samarinda, BNNK Bontang dan BNNK Balikpapan tahun ini menyita 7,19 Kg sabu-sabu, 4,67 kg ganja, 3,5 butir pil ekstasi, serta 78,99 cannabinoid.

“Memang barang bukti kecil, tapi mereka sebagai pemasok besar di Kalimantan Timur,” kata Kepala BNN Provinsi Kalimantan Timur Brigjen Pol Wisnu Andayana di kantornya, Rabu (29/12).

Tak Terpengaruh Pandemi
Hampir dua tahun pandemi, bisnis narkoba ternyata tidak pernah surut. Bahkan, modusnya berubah-ubah. “Meski pandemi, tidak sedikit pun melemahkan upaya kami memberantas narkoba,” ujar Wisnu.

Kabid Pemberantasan BNNP Kaltim Kombes Pol Djoko Purnomo tidak menampik bisnis narkoba masih menggiurkan meski berada di masa pandemi.

“Kalau misal kita penjual, peminat banyak, pasti kita berusaha memasukkan. Karena keuntungan cukup besar di situ. Kok tidak bisa berhenti? Ya itu tadi selagi pemakai banyak, penjual tidak berhenti,” kata Djoko.

Sementara itu, seiring dengan dugaan tingginya angka pengguna narkoba di Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim, pembeli malah mendapatkan tawas bukannya sabu. Pemakai pun tidak lagi memedulikan keaslian sabu.

“Pernah terjadi di Samarinda, sabu diganti tawas. Jadi itu bukan sabu. Itu saking banyaknya pemakai,” tegas Djoko pada awak media mengakhiri perbincangan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments