Friday, April 12, 2024
HomeBerita JatimKomunitas Perempuan Gelar Pasar Murah, Hasilnya Disedekahkan

Komunitas Perempuan Gelar Pasar Murah, Hasilnya Disedekahkan

Media Indo Pos,Banyuwangi – Ramadan menjadi momentum banyak pihak untuk berbagi dengan banyak orang. Seperti yang dilakukan salah satu komunitas perempuan di Banyuwangi yang menggelar pasar murah sembako dan baju bagi kalangan tidak mampu.

Komunitas Indahnya Sedekah (KIS) menggelar KIS on Sale Ramadan pada Minggu (17/4). Ribuan baju dijual dengan harga miring, termasuk minyak goreng yang saat ini banyak diburu masyarakat.

“Iya ada ribuan baju anak kami jual murah, sangat murah bahkan. Ini baju-baju baru, harganya kami bandrol Rp 5 – 25 ribu,” jelas Indriyani, Ketua KIS.

“Kalau baju dewasanya itu baju preloved – layak pakai, juga murah harganya. Mulai 5 – 50 ribu. Kami juga jual mukenah, tas, dan peralatan rumah tangga,” imbuhnya.

Tak hanya kebutuhan sandang, komunitas ini juga menjual sembako dengan harga hampir separuh dari harga pasar. Beras kemasan 2,5 kg dijual Rp 15.000, Gula 1 kg hanya dihargai Rp 10.000, minyak goreng 900ml/1L, Rp 15.000.

“Iya ini bentuk solidaritas kami di tengah melonjaknya harga minyak goreng. Kami urunan beli sembako, lalu kami jual murah. Kalau sembako, khusus kami peruntukkan warga yang kurang mampu. Kalau baju untuk umum, siapapun silakan membeli,” kata Iin, panggilan akrabnya.

Ditambahkan dia, KIS on Sale Ramadan adalah agenda tahunan komunitas. Kali ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan. Dua kali digelar, aksi sosial ini terus mendapat animo tinggi dari warga.

“Tidak sampai tiga jam, hampir semua barang habis dibeli warga. Alhamdulillah responnya bagus. Dan yang membuat kami senang, rata-rata yang hadir adalah mereka yang benar-benar membutuhkan. Kami sengaja promosi lebih acara ini ke warga kurang mampu, karena menurut kami merekalah yang jauh lebih berhak mendapatkan harga spesial ini,” ujarnya pada awak media.

Dia mengaku bahwa sejak awal digelar, acara ini mendapat dukungan banyak pihak. Banyak yang berpartisipasi menyumbangkan sembako dan pakaian di acara ini.

“Saat tahu kami akan menggelar acara ini, kawan-kawan langsung kontak apa yang bisa dibantu. Mereka langsung menyumbang sembako, juga baju. Rupanya Ramadan ini menjadi momen banyak orang untuk berlomba saling berbagi ke sesama,” kata Iin.

Ditambahkan Setyoardinie, ketua panitia bahwa seluruh hasil penjualan ini disedekahkan kembali untuk warga miskin.

“Alhamdulillah, transaksinya tembus Rp16 juta lebih. Kami masukkan kas untuk disedekahkan kembali. Karena kami tiap hari Jumat, keliling membagikan sedekah ke warga-warga,” tandasnya pada awak media menagkhiri perbincangan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments