Wednesday, April 24, 2024
HomeBerita NasionalSalah Tilang Avanza Jadi Xpander, Polda Metro Jaya: Bisa Dianulir

Salah Tilang Avanza Jadi Xpander, Polda Metro Jaya: Bisa Dianulir

Media Indo Pos,Jakarta – Pemilik mobil Mitsubishi Xpander Cross kaget setelah dikirimi surat tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/e-TLE) Jakarta. Padahal mobilnya tidak melakukan pelanggaran dan rupanya pelat nomor kendaraan miliknya, yakni B-2294-UZD, dipalsukan oleh pengemudi mobil Avanza yang melakukan pelanggaran.

Terkait kejadian tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo buka suara. Jika terjadi kesalahan pada tilang elektronik, pemilik kendaraan yang dikirimi ‘surat cinta’ tidak perlu khawatir karena bisa dianulir.

“Kalau memang terjadi kesalahan, bisa dianulir,” ujar Kombes Sambodo kepada awak media, Selasa (19/4/2022).

Pemilik asli pelat nomor bisa melakukan konfirmasi ke Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Setelah melakukan konfirmasi, polisi nantinya akan menganulir tilang tersebut.

Ada Pemalsuan Pelat Nomor
Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam mengatakan dalam kasus ini terjadi pemalsuan pelat nomor kendaraan, sehingga pemilik asli dirugikan.

“Permasalahannya dugaan pemalsuan TNKB. Jadi kecenderungan masyarakat dengan sengaja memalsukan penggunaan TNKB,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaka AKBP Jamal Alam saat dihubungi, Selasa (19/4).

Lebih lanjut, Jamal mengatakan penilangan berbasis e-TLE yang dilalukan polisi sejatinya sudah sesuai. Sebab, kamera e-TLE menangkap pelat nomor kendaraan yang dirasa melanggar, lalu diubah menjadi data digital.

“Dari TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor), nopolnya itu dari image menjadi data elektronik. Jadi kemampuan e-TLE kita itu pertama kali dari nopol itu, kan image yang ditangkap kamera berubah menjadi data digital,” tuturnya.

Meski begitu, Jamal meminta pemilik asli pelat nomor tidak perlu khawatir akan ditilang. Pemilik kendaraan bisa melakukan konfirmasi ke pihak kepolisian apabila terjadi ‘kesalahan’ dalam tilang tersebut.

“Surat itu, konfirmasi itu kan harus konfirmasi dulu, ‘Pak apakah betul saya yang melanggar ini?’. Di situ ada daftar registrasinya, baru dilaksanakan penilangan. Kalau dia bilang ‘ini tidak betul, Pak, ini bukan kendaraan saya, kendaraan saya sudah dijual’. Nah kita nyari ke pemilik barunya lagi,” jelasnya.

Pemilik Xpander Dikirimi Surat Tilang Padahal Tak Melanggar
Baru-baru ini, kejadian ‘salah tilang’ menimpa pemilik kendaraan Xpander. Xpander tersebut ditilang setelah terekam kamera e-TLE di Jakarta. Rupanya, pelat nomor kendaraan milik Xpander dipalsukan oleh pengendara Avanza. Alhasil, surat tilang dikirim ke alamat pemilik Xpander di Pamulang, Tangerang Selatan.

Jadi surat (tilang elektronik) itu baru dikirim hari ini (18/4/2022). Kejadian pelanggaran lalu lintasnya tanggal 13 April 2022, siang jam setengah satu (di Jakarta). Awalnya istri saya bilang ‘udah bayar aja’. Tapi setelah saya buka di lampiran ketiganya, kok fotonya ganjil ya. Kok mobilnya Avanza, padahal mobil istri saya Xpander Cross. Itu nomornya sama plek-plekan,” kata Ramses, suami Dewi Lelyana, kepada awak media melalui sambungan telepon, Senin (18/4/2022).

“Kalau dilihat, pengendara itu memang murni malsuin pelat nomor mobil (istri saya), entah buat kejahatan atau lainnya. Yang pasti bukan buat mengatasi aturan ganjil-genap, karena kan dia ditilang di tanggal ganjil ketika pakai pelat nomor milik saya yang genap (B-2294-UZD),” sambungnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments