Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita NasionalBakal Dicek di Awal Keberangkatan, Pemudik Lebaran 2022 Wajib Isi e-HAC

Bakal Dicek di Awal Keberangkatan, Pemudik Lebaran 2022 Wajib Isi e-HAC

Media Indo Pos,Jakarta – Pemudik tahun ini selain diwajibkan vaksin booster, juga perlu mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC). Pengisian e-HAC bisa dilakukan sehari sebelum keberangkatan.

Pengisian e-HAC dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi sehingga memudahkan mayarakat dalam mengisinya. Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, mengatakan pengisian e-HAC sudah sederhana dan hanya perlu tinggal mengisi tujuan perjalanan, hal ini untuk memudahkan masyarakat.

“Sudah sangat sederhana tidak perlu lagi isi data vaksin lagi atau hasil test, dan hanya mengisi tujuan perjalanan,” ujar Setiaji saat ditemui detikcom di JS Luwansa Hotel Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).

Setiaji menjelaskan pengecekan e-HAC ini rencananya akan dilaksanakan di awal keberangkatan pemudik, tidak lagi dicek di lokasi tujuan.

“Pengecekan yang tadinya di ujung (akhir perjalan -red) sekarang dicek di awal,” sambungnya.

Setiaji juga menginformasikan bagi yang ingin mudik satu keluarga bisa memakai satu akun PeduliLindungi dalam mengisi e-HAC. Satu akun bisa dipakai maksimal untuk 4 anggota keluarga.

“Secara sistem kita sudah menyederhanakan tampilan dari e-Hac dan sudah bisa untuk keluarga. Jadi satu akun bisa untuk empat orang. Semua sudah secara digital,” tandasnya pada awak media mengakhiri perbincangan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments