Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita NasionalKompak Pakai Blangkon Kala Resmikan Bandara

Kompak Pakai Blangkon Kala Resmikan Bandara

Media Indo Pos,Jakarta – Gaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di acara peresmian Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep menyita perhatian. Jokowi dan Prabowo kompak memakai blangkon.

Momen Jokowi dan Prabowo mengenakan blangkon terlihat dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022). Dalam acara itu, Jokowi didampingi sejumlah menteri lain yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Mensesneg Pratikno, hingga Menhub Budi Karya Sumadi.

Jokowi mengenakan blangkon dengan kemeja putih dan celana hitam. Sedangkan Prabowo memakai baju safari berwarna cokelat.

Keduanya berjalan di depan menuju lokasi acara peresmian. Hadir juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam acara itu.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Bandara Trunojoyo siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan sekitarnya. Jokowi mengatakan bandara ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas.

“Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja,” ujar Jokowi.

Jokowi yakin konektivitas yang semakin baik dapat memudahkan mobilitas masyarakat. Selain itu, Jokowi berharap bakal muncul titik-titik perekonomian baru.

“Dan saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujar Jokowi.

Cerita di Balik Jokowi dan Prabowo Pakai Blangkon
Blangkon yang dipakai Jokowi dan Prabowo itu rupanya dibeli sebelum keduanya menghadiri acara. Dilihat dari tayangan video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi bersama sejumlah menteri menuju stan kerajinan lokal khas Madura.

Jokowi kemudian membeli dua kain batik dan satu blangkon. Jokowi langsung memakai blangkon tersebut.

“Langsung saya pakai,” kata Jokowi.

Setelah itu, Prabowo membeli blangkon yang sama dengan Jokowi. Prabowo sempat mencoba terlebih dahulu blangkon tersebut di depan para menteri.

“Pas nggak, nggak kekecilan?” kata Prabowo.

“Pas, merasa nyaman nggak?” timpal Pratikno.

“Ukurannya berapa, Pak Prabowo, kepala?” kata Erick Thohir ikut menimpali.

“9,5” jawab Prabowo.

“Tapi ini oke lah, ya? kecilnya nggak terlalu kecil,” sambung Prabowo.

Prabowo akhirnya selesai memilih blangkon di stan kerajinan lokal khas Madura tersebut. Setelah itu, Pratikno memberi tahu Jokowi bahwa Prabowo membeli blangkon yang sama. Prabowo kemudian hormat ke arah Jokowi.

Keduanya pun menggunakan blangkon yang baru saja dibelinya pada acara peresmian Bandar Udara Trunojoyo.

Jokowi Catat Janji Prabowo
Setelah meresmikan bandara, Jokowi meluncurkan holding dan program strategis BUMN industri pertahanan atau Defend ID. Jokowi berharap BUMN industri pertahanan lebih terkonsolidasi.

“Saya mengapresiasi pembentukan holding BUMN Industri pertahanan, defence industry yang bernama Defend ID, yang sudah lama ini saya tunggu-tunggu dan saya kejar-kejar terus agar BUMN industri pertahanan kita jauh lebih terkonsolidasi, ekosistemnya semakin kuat, mampu bersaing secara sehat dan menguntungkan,” kata Jokowi dalam tayangan video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).

Jokowi juga mencatat janji Defend ID bakal menjadi 50 perusahaan pertahanan terbaik di dunia yang sebelumnya disampaikan Menhan Prabowo Subianto. Jokowi meminta impor alat pertahanan dan keamanan (alpahankam) diturunkan.

“Dan ini saya catat janjinya, janji ini saya catat. Defend ID akan menjadi top 50 perusahaan pertahanan dunia, pertama. Yang kedua, akan terus mendorong peningkatan TKDN. Harus terus diperbesar terus. Dan menurunkan impor alat pertahanan dan keamanan, alpahankam kita. Goal-nya ke sana,” ujar Jokowi.

“Dan saya minta agar TKDN produk-produk pertahanan unggulan terus ditingkatkan dari angka yang telah dicapai saat ini yaitu 41 persen agar bisa terus naik dan meningkat dan nanti pada akhirnya 100 persen,” sambung Jokowi.

Laporan Prabowo
Sebelum Jokowi menyampaikan sambutan, Prabowo terlebih dahulu menyampaikan laporan mengenai holding BUMN industri pertahanan. Prabowo mengatakan Defend ID ini terdiri dari lima perusahaan.

“Keanggotaannya terdiri dari lima perusahaan BUMN di bidang industri pertahanan yaitu PT LEN Industri sebagai induk holding, PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, serta PT Dahana,” ujar Prabowo.

Prabowo lantas menyampaikan harapannya agar Defend ID menjadi 50 perusahaan industri pertahanan terbesar di dunia. Selain itu, tingkat komponen dalam negeri bisa dinaikkan.

“Diharapkan dengan adanya holding BUMN industri pertahanan Defend ID ini akan meningkatkan tingkat komponen dalam negeri menjadi 50 persen untuk teknologi-teknologi kunci dan untuk menjadi industri 50 terbesar di dunia dalam bidang industri pertahanan pada 2024,” imbuh Prabowo.

Makna di Balik Jokowi-Prabowo Pakai Blangkon
Pakar Gestur Handoko Gani menganalisis maksud di balik kekompakan Jokowi dan Prabowo mengenakan blangkon merah. Handoko awalnya menjelaskan maksud Jokowi dan Prabowo memakai atribut khas itu lantaran Madura dikenal sebagai salah satu etnis di Jawa yang sangat kental unsur sosial budaya.

“Madura adalah salah satu etnis di Jawa yang masih sangat kental unsur sosial budaya nya. Selama ini, Madura dirasa ‘terpisah’ (‘terisolasi’). Menggunakan atribut khas daerah yang menunjukkan jati diri yang sangat kental tadi pastinya ingin menunjukkan betapa pemerintah dalam hal ini Presiden memperhatikan Madura dan pulau-pulau sekitarnya yang selama ini mungkin dianggap ‘terpencil’/’terisolasi’,” kata Handoko saat dihubungi, Rabu (20/4).

Handoko lantas membaca posisi barisan hingga atribut yang dikenakan Jokowi hendak meresmikan Bandara Trunojoyo. Dia juga melihat adanya perbedaan pada lipatan blangkon Jokowi dan Prabowo.

“Pak Jokowi menggunakan kemeja putih, celana hitam/biru, dan sepatu sneaker hitamnya. Pak Prabowo menggunakan sepatu olahraga dan pakaian safari cokelat muda beliau. Keduanya menggunakan blangkon udeng Madura. Namun, berbeda antara lain lipatan udeng mereka,” ucapnya.

Handoko menilai ada yang menarik dari cara pakai atribut blangkon hingga cara berjalan yang berbeda antara Jokowi dan Prabowo. Dia menduga Prabowo tampak mulai mencintai Madura dan memang perlu mendekatkan diri ke Madura untuk strategi pertahanan.

“Saya melihat hal menarik adalah dengan Pak Prabowo yang juga menggunakan Blangkon ini tapi berbeda tipe/cara pakai, serta cara berjalan beliau yang berada di barisan depan sejajar Jokowi. Selain alasan kecintaan pada Madura tadi di atas, saya menduga pembangunan bandara ini adalah juga terkait dengan strategi pertahanan keamanan Indonesia di pulau-pulau yang selama ini dianggap ‘terasing’,” ujarnya.

“Apalagi Madura ini sebetulnya berperan penting sekali dalam 70 persen pengadaan minyak dan gas di Jawa Timur. Dan ada banyak operator minyak dan gas di sepanjang pesisir Madura mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep. Ini area vital negara kita. Itu sebabnya, Pak Prabowo memandang perlunya memahami dan melebur di Madura ini,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Handoko juga melihat ada gestur politik yang coba ditunjukkan oleh Prabowo dengan mengenakan atribut yang sama dengan Jokowi. Prabowo, kata dia, sebagai salah satu yang akan maju di 2024, juga coba meleburkan diri untuk memperbaiki strategi di Madura.

“Dan sebagai salah seorang Menteri yang akan maju nanti, ‘peleburan’ ini penting sekali karena Madura juga merupakan basis para ulama karismatik. Presiden Jokowi sendiri pun tidak bisa memungkiri dukungan ulama Madura pada 2 kali pemilihannya.

Dan sebagai pihak yang kalah tentunya Pak Prabowo merasa perlu memperbaiki strateginya di Madura ini,” tegasnya mengakhiri perbincangan bersama awak media.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments