Friday, April 19, 2024
HomeBerita NasionalPDIP Minta DKI Jelaskan Aturan Main

PDIP Minta DKI Jelaskan Aturan Main

Rencana Buruh Akan Pakai JIS untuk May Day

 

Media Indo Pos,Jakarta – Massa buruh akan meminjam Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk merayakan Hari Buruh atau May Day. PDI Perjuangan (PDIP) menyinggung soal peruntukan JIS milik Pemprov DKI Jakarta itu.

“Soal fungsi saja. Artinya, itu fungsinya untuk apa? Ketika tidak keluar dari fungsinya, boleh-boleh saja. Kenapa tidak. Itu bangunan peruntukan untuk apa? Prinsip dasarnya dikembalikan kepada fungsinya,” ujar Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono, saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Menurut Gembong, sampai saat ini belum ada kejelasan soal penggunaan JIS, termasuk soal apa yang boleh dan tidak boleh diselenggarakan di JIS.

Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono. Foto: Dok. istimewa

“Saya belum tahu persis fungsi dari JIS untuk apa. Tidak hanya satu fungsi kan, tidak melulu olahraga, di luar itu untuk apa. Nah itu yang belum tahu,” kata Gembong.

Dia meminta Pemprov DKI Jakarta untuk menentukan acara-acara apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di JIS.

“Saya belum tahu persis fungsi dari JIS untuk apa. Tidak hanya satu fungsi kan, tidak melulu olahraga. Di luar itu untuk apa. Nah itu yang belum tahu,” kata Gembong.

“Pemprov harus menjelaskan. Bagi saya, kalau sesuai fungsinya ya monggo,” katanya.

Rencana May Day
Disebutkan, seratus ribu lebih buruh pada 14 Mei akan merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day. Dijelaskan Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, ada dua opsi lokasi penyelenggaraan, yaitu antara di Istora Senayan atau Jakarta International Stadium (JIS).

Said menjelaskan pada 1 Mei ada 300 buruh yang akan memperingati Hari Buruh di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Kemudian yang digelar pada 14 Mei merupakan kelanjutan dari peringatan Hari Buruh.

“100 ribu lebih buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi di DPR RI, kemudian selanjutnya akan ke Istora Senayan atau Jakarta International Stadium untuk merayakan perayaan May Day,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4).

Semula, perayaan Hari Buruh akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK). Namun saat ini di GBK sedang ada renovasi atau pemeliharaan. Oleh karena itu JIS menjadi alternatif.

“Pada tanggal 14 Mei 2022, Partai Buruh bersama elemen-elemen gerakan buruh dan gerakan lainnya, 4 konfederasi serikat buruh besar, dan 60 federasi serikat pekerja nasional dan Serikat Petani Indonesia menggelar perayaan May Day di Jakarta International Stadium atau Istora Senayan,” lanjutnya.

Tanggapan Pemprov
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons serikat buruh yang ingin meminjam Jakarta International Stadium (JIS) untuk perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day. Riza menyebut pihaknya perlu mengkaji permintaan ini terlebih dahulu.

“Justru itu kita nanti akan pelajari ya. Akan pelajari setiap permintaan dan permohonan dari masyarakat apapun kepentingan nya kita akan pelajari kembali apakah dimungkinkan atau tidak,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/4).

Meski begitu, Riza mengaku belum menerima surat permohonan pemakaian JIS untuk aksi pada Mei mendatang. Prinsipnya, JIS bisa digunakan untuk kepentingan positif.

“Sejauh ini JIS baru soft launching belum grand opening, dan juga kemarin baru kita gunakan untuk IYC yang baru saja berakhir. Kita bersyukur dan senang punya stadion yang baik, megah, besar, berstandar internasional sebagai stadion kebanggaan kita,” imbuhnya.

“Memang akan kita gunakan sebagai kepentingan olahraga, seni budaya, agama, sosial, dan kepentingan positif lainnya. Namun, terkait adanya keinginan (aksi) akan kami cek kembali apakah betul ada keinginan itu, kita lihat apakah memungkinkan,” tegasnya mengakhiri perbincangan bersama awak media.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments