Monday, July 22, 2024
HomeBerita NasionalKLHK Prediksi Sampah Lebaran Tembus 35 Juta Kg

KLHK Prediksi Sampah Lebaran Tembus 35 Juta Kg

Media Indo Pos,Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprediksi sampah akan bertambah signifikan pada musim lebaran 2022. Direktur Pengelolaan Sampah Ditjen PSLB3 KLHK Novrizal Tahar mengungkapkan sidikitnya akan ada 35 juta kilogram sampah baru dalam kurun waktu dua minggu libur lebaran ini.

“Lebaran tahun ini kami prediksi timbulan sampah akibat mudik kurang lebih 35 juta kg,” kata Novrizal kepada awak media pada Jumat (6/5).

Pihaknya mengklaim sudah melakukan antisipasi untuk mengatasi pembengkakan sampah itu. Sejak minggu pertama Ramadan pihaknya telah memberikan edukasi dan kampanye di ruang-ruang publik.

Menurutnya, mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia. Tak ada yang salah dengan itu. Ia justru ingin memanfaatkan momen itu untuk membangun peradaban baru. “Sejak 2018 kita mulai campaign tagline-nya ‘mudik asik tanpa sampah plastik’. Tapi sekarang kita tekankan ‘mudik minim sampah’,” kata dia.

“Ini langsung diikuti dan dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah (34 Propinsi dan 514 kab/kota),” imbuhnya.

Selain itu, kata dia pihaknya juga mengaku telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 tahun 2022 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran. “Ketiga Konsolidasi dengan seluruh Pemda dan Pengelola Fasilitas Publik (melalui K/L yang membawahi),” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo mengatakan jumlah pemudik di Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 85 juta orang. Puncak arus mudik disebut-sebut telah berlangsung 29 April. Sementara puncak arus balik disebut terjadi hari ini.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments