Friday, March 29, 2024
HomeBisnisIndexHarga Daun Jeruk Naik Hingga Rp100 Ribu per Kg

Harga Daun Jeruk Naik Hingga Rp100 Ribu per Kg

Media Indo Pos,Jakarta – Harga daun jeruk di pasar tradisional Jakarta melonjak. Pantauan awak media di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan harga daun jeruk yang pada kondisi normal hanya berkisar Rp20 ribu-Rp40 ribu per kg, naik jadi Rp80 ribu per kg.

Sri, pedagang di Pasar Warung Buncit mengatakan harga daun yang biasa digunakan untuk penyedap masakan itu naik sejak menjelang Lebaran 2022. Saat itu harga sempat tembus Rp100 per kg saat lebaran.

“Waktu itu pas lebaran Rp100 (ribu). Ini sudah turun sedikit demi sedikit,” ujar Sri, Kamis (12/5).

Sri yang biasanya mengambil pasokan daun jeruk dari Pasar Induk Kramat Jati mengaku tidak mengetahui penyebab kenaikan harga. Ia mengatakan karena kenaikan itu dirinya dan pedagang enggan menyetok daun jeruk dalam jumlah banyak. Hal itu untuk menyiasati pembeli yang biasanya hanya membeli daun jeruk dalam jumlah sedikit.

“Orang cuma beli seribu seribu, kita enggak bisa balik modal. Nyetok daun jeruk bisa busuk, enggak kuat, sehari saja udah busuk,” ujar Sri.

Hal yang sama juga disampaikan disampaikan Karyo, pedagang di pasar yang sama. Saat ini, ia menjual harga daun jeruk seharga Rp80 ribu. Padahal sebelumnya, harganya hanya Rp40 ribu. Ia mengatakan sampai sekarang jumlah pembeli daun jeruk sebenarnya masih banyak. Tapi jumlah pembelian hanya sedikit.

“Banyak (pembeli), tetapi belinya enggak banyak-banyak, paling Rp2.000, Rp5.000,” ujar Karyo.

Sementara itu, harga bahan pangan lainnya mulai menurun usai lebaran termasuk cabai. Cabai merah dan cabai rawit turun dari Rp60 ribu ke Rp40 ribu per kg. Bawang merah tetap di Rp60 ribu, tetapi mulai turun ke Rp54 ribu di beberapa tempat.

Harga bawang putih turun ke Rp32 ribu-Rp40 ribu dari Rp50 ribu saat Lebaran. Namun, beberapa pedagang masih menjual seharga Rp50 ribu. Sementara tomat turun dari Rp16 ribu ke Rp14 ribu.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments