Wednesday, June 19, 2024
HomeInternationalWorldVolodymyr Zelenskiy: Hanya Diplomasi Bisa Akhiri Perang Rusia-Ukraina

Volodymyr Zelenskiy: Hanya Diplomasi Bisa Akhiri Perang Rusia-Ukraina

Media Indo Pos,Ukraina – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy menyampaikan, perang Ukraina-Rusia hanya bisa diselesaikan melalui diplomasi. Hal itu disampaikan dalam pidatonya di televisi.

Zelenskiy mengatakan konflik yang sedang berlangsung bisa semakin mematikan dan semakin banyak pertempuran.

“Tetapi pastinya itu hanya bisa diakhiri melalui diplomasi,” ujarnya, seperti dilansir media ini dari BBC, Senin (23/5).

Namun dia juga mengindikasikan menempuh jalur diplomasi tidak mudah. Pasalnya tidak ada pihak yang mau menyerah.

Pada Selasa pekan lalu, pemimpin juru runding Ukraina, Mykhaylo Podolyak mengatakan perundingan Rusia-Ukraina ditunda. Sehari kemudian, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menudung otoritas Kiev tidak ingin melanjutkan pembicaraan untuk mengakhiri permusuhan.

Pertemuan terakhir kedua belah pihak berlangsung pada 22 April lalu.

Sementara itu, pertempuran sengit masih berlangsung di dalam dan di sekitar Severodonetsk, ketika pasukan Rusia meningkatkan upayanya untuk merebut seluruh wilayah Luhansk. Berakhirnya pertempuran di kota Mariupol mempermudah pengerahan pasukan Rusia di daerah lainnya dan mengintensifkan serangan mereka di Ukraina timur.

Gubernur Luhansk, Serhiy Haidai mengatakan pasukan Rusia “menghancurkan” Severedonetsk sembari dengan melakukan pengepungan dengan bertahap. Dia mengatakan di Telegram, pasukan Ukraina menangkis 11 serangan di garis depan dan delapan tank Rusia dihancurkan. Klaim ini belum dikonfirmasi pihak Rusia.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments