Monday, July 22, 2024
HomeBerita NasionalKLHK: 793 Ribu Hektare Hutan Kalimantan Tengah Dikuasai Korporasi Sawit dan Tambang

KLHK: 793 Ribu Hektare Hutan Kalimantan Tengah Dikuasai Korporasi Sawit dan Tambang

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan kawasan hutan seluas 793.515 hektare (ha) di Kalimantan Tengah dikuasai oleh korporasi sawit dan tambang ilegal per 31 Mei 2022.

Rinciannya, 771.615 ha dikuasai korporasi sawit dan 21.900 ha hutan dikuasai tambang. Hal itu diketahui setelah pihaknya melakukan pemantauan dan pemeriksaan di provinsi tersebut.

“Jadi total korporasi menguasai di situ 793.515 ha,” kata Siti dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR, Senin (7/6).

Selain korporasi, pihaknya juga menemukan penguasaan lahan di kawasan hutan oleh koperasi, kelompok masyarakat, dan perorangan. Kelompok masyarakat misalnya, kata Siti, tercatat membuka penambangan ilegal di kawasan hutan seluas 65.000 ha. Kemudian korporasi tercatat menguasai kurang lebih 21.000 ha.

“Berarti ini penambangan tanpa izin biasanya emas kalau di Kalteng atau mungkin batubara,” ujarnya.

Di luar itu semua, Siti menyebut ada sekitar 28.561 ha hutan yang juga dimanfaatkan secara ilegal. Namun, pihaknya belum berhasil mengidentifikasi aktornya. “Belum dapat diidentifikasi 28.561 ha. kenapa dia tidak berhasil diidentifikasi? Pertama, orangnya dicari cari pas ditemui enggak ada. Kedua, tempatnya juga sangat sulit. Jadi masih terus kita selesaikan,” jelasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments