Friday, March 24, 2023
Home Berita Nasional Kunker Jokowi ke Asia Timur Pekan Ini: China, Jepang dan Korsel

Kunker Jokowi ke Asia Timur Pekan Ini: China, Jepang dan Korsel

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan kunjungan kerja ke negara-negara Asia Timur. Tiga negara yang bakal dikunjungi Jokowi yaitu China, Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Informasi mengenai lawatan Jokowi ke luar negeri ini sebelumnya disampaikan Menlu RI Retno LP Marsudi dalam pernyataan pers pada Kamis (21/7) sebagaimana dikutip media ini dari situs Kemlu, Senin (25/7/2022).

Jokowi direncanakan bertolak ke China pada hari ini
“Kunjungan ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo tanggal 27 Juli dan ke Seoul tanggal 28 Juli 2022. Kunjungan ini adalah kunjungan yang singkat, 3 hari untuk 3 negara,” kata Retno.

Retno mengatakan ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi. Selain itu, kata Retno, tiga negara tersebut juga mitra strategis Indonesia dan ASEAN saat berbicara mengenai masalah kawasan.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” ujar Retno.

Jokowi direncanakan bertemu Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping selama di China. Jokowi disebut menjadi salah satu pemimpin pertama yang diterima Xi Jinping selama pandemi.

“Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemic ini, di luar acara Olimpiade musim dingin di Beijing awal tahun ini,” ujar Retno.

Setelah itu, Jokowi bakal bertolak menuju Tokyo. Jokowi bakal bertemu PM Jepang Fumio Kishida.

“Di Tokyo, menurut rencana Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan PM Jepang Fumio Kishida dan dengan kalangan bisnis di tanggal 27 Juli 2022,” imbuh Retno.

Selanjutnya Jokowi bakal berkunjung ke Seoul. Jokowi diagendakan bertemu Presiden Korsel.

“Bapak Presiden direncanakan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol dan kalangan bisnis pada tanggal 28 Juli 2022,” tandas Retno mengakhiri perbincangan bersama awak media.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments