Friday, March 29, 2024
HomeLayananBudayaTim Kirab Pataka ‘Jer Basuki Mawa Beja Optimis Jatim Bangkit’ Tiba di...

Tim Kirab Pataka ‘Jer Basuki Mawa Beja Optimis Jatim Bangkit’ Tiba di Lamongan

Media Indo Pos,Lamongan – Tim kirab bendera pataka lambang daerah Provinsi Jawa Timur Jer Basuki Mawa Beya, Optimis Jatim Bangkit tiba di Kabupaten Lamongan yang disambut langsung oleh Bupati Yuhronur Efendi bersama jajaran dalam upacara penyambutan di halaman Pendopo Lokatantra setempat, Selasa (4/10/2022).

Diketahui, kirab bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya ini menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur dengan estafet berurutan ke-38 seluruh kabupaten/kota se-Jatim.

Bendera pataka tersebut dibawa dan dikawal oleh 10 personil dari unsur Satpol PP, PMK dan Linmas. Pembawa pataka ini disambut oleh ratusan pelajar dan marching band di sepanjang jalan yang dilaluinya.

Bupati Yuhronur mengatakan bahwa kirab bendera pataka merupakan momentum untuk semangat bangkit bersama dalam membangun Jawa Timur menuju kesempurnaan.

“Pataka ini dikelilingkan ke seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Semoga dengan semangat ini, pembangunan semakin cepat. Selamat Hari Jadi ke-77 Jatim,” ungkapnya di sela penyambutan tim kirab.

Orang nomor satu di Lamongan ini menambahkan, Jawa Timur diharapkan dapat terus bangkit karena merupakan salah satu provinsi penyumbang ekonomi terbesar secara nasional.

Tercatat, pada tahun 2021, Jatim menjadi penyumbang ekonomi terbesar kedua di Pulau Jawa setelah DKI Jakarta dengan kontribusi 24,93 persen.

“Kirab menunjukkan semangat bahwa Lamongan secara otonomi daerah, bagian Provinsi Jawa Timur dan provinsi adalah perwakilan pemerintah pusat,” imbuh Yuhronur.

Tim kirab bendera ini datang dari Pendopo Kridhomanunggal Kabupaten Tuban dan tiba di Pendopo Lokatantra sekira pukul 11.50 WIB. Selanjutnya, tim kirab menuju ke Pendopo Agung Kabupaten Jombang.

Dalam upacara penyambutan tersebut, Bupati Yuhronur juga membacakan Ripta Prasasti yang berisi amanat dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang intinya adalah warga Jatim diharuskan untuk bisa melindungi dan menjaga UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Kabupaten Lamongan menjadi Kabupaten/Kota ke-31 yang disinggahi Panji Lambang Provinsi Jawa Timur ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat hari jadi, dan semoga Kirab Pataka ini sampai nanti kembali ke kantor Gubernur Jawa Timur, seluruh rombongan diberikan keselamatan,” ujar Bupati Yuhronur.

Sesuai informasi, kirab bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya keliling ke-38 kabupaten/kota se-Jatim. Hal ini dimaksudkan untuk mengikat antara satu kabupaten/kota dengan yang lainnya se-Jatim. Total perjalanan yang ditempuh dalam kiran ini adalah sekitar 1.900 kilometer.

“Semangat kirab pataka ini adalah semangat persatuan dan membangun kebersamaan antar kabupaten/kota termasuk di provinsi. Sehingga, terjalin sinergi dan kolaborasi untuk menjadikan Jatim jauh lebih kuat,” jelasnya.

Sebagai informasi, bendera pataka dikirab selama 26 hari, yakni sejak 16 September hingga 11 Oktober mendatang dan berakhir di Gedung Negara Grahadi Surabaya sekaligus upacara peringatan HUT ke-77 Jatim oleh Pemprov Jatim pada 12 Oktober 2022 mendatang.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments