Monday, December 5, 2022
Home Teknologi Menkominfo Sebut 284 Kabupaten/Kota Belum Beralih ke TV Digital

Menkominfo Sebut 284 Kabupaten/Kota Belum Beralih ke TV Digital

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjabarkan capaian pelaksanaan analog switch off (ASO), yang diterapkan sejak 2 November. Johnny menyebut masih ada 93 wilayah layanan atau 284 kabupaten/kota yang belum beralih ke TV digital.

“Terdapat 225 wilayah layanan siaran di Indonesia dan analog switch off sudah dilakukan di 132 wilayah layanan atau 230 kabupaten atau kota. Masih tersisa 93 wilayah layanan di 284 kabupaten atau kota yang akan dilakukan sesuai kesiapannya masing-masing,” papar Johnny dalam rapat kerja bersama Komisi I di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Johnny menyebut seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek sudah menerapkan analog switch off. Ia pun tak menampik jika awalnya ada keraguan dalam penerapan tersebut.

“Khusus di di Jabodetabek, seluruh 25 lembaga penyiaran telah menghentikan siaran analog. Pada saat awal memang terdapat keragu-raguan terkait ASO di Jabodetabek. Tetapi, pada pelaksanaan akhirnya, saat ini seluruh masyarakat bisa menikmati siaran full digital dengan baik,” kata dia.

Dia mengatakan, dari 580 lembaga penyiaran, 77 di antaranya sudah bersiaran secara digital. Sementara itu, 503 lembaga penyiaran bersiaran secara simulcast, yakni siaran analog dan digital secara bersamaan.

“77 lembaga penyiaran telah bersiaran secara digital dan 503 penyiaran bersiaran secara simulcast,” tutur Johnny.

Untuk 284 kabupaten atau kota yang belum diterapkan ASO, pemerintah tengah mempersiapkan infrastrukturnya. Penerapan, lanjut dia, dilakukan secara bertahap.

“Ke depan, penerapan ASO di daerah-daerah selanjutnya akan dilakukan sesuai dengan kesiapan lapangan yang kami sebutkan tadi. Baik kesiapan siaran digital, infrastruktur multipleksing, maupun perangkat prima siaran di masyarakat,” ungkapnya.

Ke depan, Kominfo bakal mengumumkan kebijakan ASO di daerah lain. Ada lima provinsi yang ditargetkan. “Kami merencanakan untuk melakukan pengumuman ASO dalam waktu dekat ini, di antaranya di Jawa Barat 1 Kota Bandung dan sekitarnya; Jawa Tengah 1 Kota Semarang dan sekitarnya; DI Yogyakarta Kota Yogyakarta, Surakarta, dan sekitarnya; Jawa Timur 1 Kota Surabaya dan sekitarnya; Kepulauan Riau 1 Kota Batam dan sekitarnya,” kata Johnny.

Menurutnya, jadwal pelaksanaan ASO sangat dinamis sesuai dengan kesiapan masyarakat dan kesiapan lembaga penyiaran. Ia pun meminta semua pihak melakukan kerja sama dengan baik.(Red)

Sumber: Detikcom


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments