Thursday, February 9, 2023
Home Layanan Travel Rekomendasi Wisata NTT Terpopuler yang Wajib Disambangi, Ini Daftarnya

Rekomendasi Wisata NTT Terpopuler yang Wajib Disambangi, Ini Daftarnya

Media Indo Pos,Nusa Tenggara Timur – Keindahan alam dan pemandangan NTT atau Nusa Tenggara Timur tak perlu diragukan lagi. NTT telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Di sini, banyak sekali pantai indah yang bisa dijelajahi. Ada juga Taman Nasional Komodo dan Kelimutu yang eksotis dan seru untuk menambah pengalaman dan mengisi waktu liburan Anda. Dijamin, Anda tak akan kekurangan atraksi saat memutuskan untuk berlibur ke NTT.

Seperti dikutip media ini dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata NTT pilihan yang telah kami rangkum secara khusus hanya untuk Anda.

1. Taman Nasional Komodo
Rekomendasi wisata NTT yang pertama adalah Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Di sini, Anda bisa menemukan banyak aktivitas untuk dilakukan.

Sebut saja melihat kadal raksasa yakni komodo. Ini adalah atraksi unggulan yang diincar oleh para wisatawan. Pengalaman seru mengamati komodo dari dekat akan menjadi cerita liburan yang terkenang sepanjang hidup.

Komodo sendiri adalah hewan purba yang masuk dalam keajaiban dunia dan keberadaannya sangat dilindungi. Selain melihat langsung habitat komodo, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan pulau, perbukitan, savana, dan pastinya pantai-pantai sekitar yang menawan.

2. Taman Nasional Kelimutu
Rekomendasi wisata NTT yang kedua adalah Taman Nasional Kelimutu. Sebagai salah satu destinasi wisata andalan di NTT, Taman Nasional Kelimutu menyajikan kawasan perbukitan dan gunung-gunung dengan Gunung Kelimutu dan danau tiga warnanya sebagai titik sentral. Danau ini merupakan bagian kawah dari Gunung Kelimutu. Danau atau Tiwu Kelimutu terbagi menjadi tiga bagian yang sesuai dengan warna yang ada di dalam danau.

Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang meninggal yang selama hidupnya selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

3. Labuan Bajo
Rekomendasi wisata NTT yang ketiga adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo belakangan sangat populer dan menjadi destinasi alternatif bagi pelancong yang sudah bosan dengan Bali atau Gili Trawangan. Hal ini karena Labuan Bajo memiliki keindahan kepulauan, pantai, dan dunia bawah laut kawasan ini begitu memikat.

Akses masuk ke Labuan Bajo juga cukup lengkap, mulai dari bandar udara, dermaga, dan pelabuhan yang merupakan pintu masuk untuk menuju tempat wisata di NTT lainnya. Dari Labuan Bajo, wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau indah di sekitarnya. Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Labuan Bajo adalah menyelam menikmati kecantikan bawah lautnya.

4. Pantai Pink
Destinasi wisata NTT yang keempat adalah Pantai Pink. Ini adalah salah satu pantai terpopuler yang ada di NTT. Setiap wisatawan yang berkunjung ke NTT harus menginjakkan kaki setidaknya sekali di pantai yang satu ini. Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang berwarna pink.

Pantai Pink atau Pink Beach telah menjadi salah satu destinasi wisata pulau Komodo unggulan. Berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo, warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir pink tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

5. Sabana Puru Kambera
Rekomendasi wisata NTT yang kelima adalah Sabana Puru Kambera. Tak lengkap rasanya jika mengunjungi NTT tapi tidak mengunjungi salah satu padang sabananya. Salah satu sabana yang populer adalah Sabana Puru Kambera yang terletak di Kabupaten Sumba Timur. Panorama pemandangan di sabana ini begitu menakjubkan.

Di kawasan ini, wisatawan bisa melihat langsung kawanan kuda liar yang menjadi magnet Sabana Puru Kambera dengan latar belakang laut biru yang indah. Tak jauh dari sabana, Anda bisa menikmati waktu santai di pantai pasir putih yang masih sangat asri.

6. Desa Wae Rebo
Rekomendasi wisata NTT yang keenam adalah Desa Wae Rebo. Wae Rebo adalah sebuah desa adat yang pada tahun 2012 ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. Desa Wae Rebo memiliki pesona eksotik yang memukau, berkat rumah-rumah tradisionalnya yang unik berbentuk kerucut.

Berada di Kabupaten Manggarai, desa ini berdiri di atas di ketinggian 1200 mdpl dan dikenal sebagai desa di atas awan.

Di desa ini terdapat 7 rumah adat berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Rumah-rumah ini telah bertahan selama 19 generasi dan semakin indah tampaknya dengan latar belakang pegunungan yang asri dan sejuk.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments