Thursday, February 9, 2023
Home Berita Nasional Pakar Hukum Sebut Muncul Fenomena Relawan Jokowi Versus PDIP, Ini Sebabnya

Pakar Hukum Sebut Muncul Fenomena Relawan Jokowi Versus PDIP, Ini Sebabnya

Media Indo Pos,Jakarta – Pakar Hukum Tata Negara Bivitri Susanti menilai, saat ini terjadi fenomena relawan Jokowi versus PDI Perjuangan. Menurutnya, dua kelompok tersebut sama-sama ingin bertanding dalam hal wacana terkait popularitas Presiden Jokowi.

“Yang terjadi sekarang relawan versus partai, yang terjadi sekarang dengan fenomena itu adalah karena begitu dahsyatnya memang fenomena Pak Jokowi, dahsyat ya 2014 yang tiba tiba muncul, jadi akhirnya relawan Pak Jokowi dan partainya PDIP jadi seperti bertanding dalam hal berbagai wacana yang terkait dengan popularitas Pak Jokowi,” kata Bivitri dalam acara Ngopi Dari Sebrang Istana ‘Zona Nyaman Jokowi’ di Jakarta, Minggu (4/12).

Bivitri lalu membedakan keburukan antara partai politik dan relawan. Menurutnya, parpol bisa dihukum jika ada kebijakannya yang melenceng dari nilai-nilai demokrasi.

“Kalau sebuah partai tiba-tiba membicarakan tiga periode, atau jangan ada pemilu 2024 kita bisa secara jelas menunjuk partai itu, melihat kondisi partainya bahkan ‘menghukum’ partainya kalau memang ada kampanye yang kuat dan seterusnya, supaya caleg calegnya gak terpilih karena values-nya kacau banget melawan demokrasi,” tuturnya.

Sedangkan relawan tidak bisa dikontrol oleh publik seperti parpol. Kata dia, relawan bukanlah sesuai yang berbadan hukum dan tak punya akuntabilitas.

“Tapi kalau relawan itu gimana cara ngontrolnya, relawan itu bukan entitas ya yang secara hukum pastinya juga bukan berbadan hukum seperti partai politik tapi dia juga gak punya akuntabilitas publik yang jelas, mau menghukum menghukum apa, gak ada caleg-caleg dari relawan, caleg masuk dari partai,” tandasnya mengakhiri perbincangan bersama awak media.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments