Thursday, February 9, 2023
Home Layanan Travel 7 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

7 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Media Indo Pos,Yogyakarta – Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro bisa menjadi referensi liburan yang menyenangkan. Ada banyak wisata di dekat Malioboro yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur. Selain indah dan instagramable, tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini juga terkenal murah.

Beberapa tempat wisata di Jogja populer seperti Malioboro, Pantai Parangtritis, Keraton Jogja, dan Kaliurang menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Banyaknya kuliner lezat di Jogja juga menjadi salah satu tarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro bisa dikunjungi saat Anda berada di pusat keramaian Kota Istimewa ini. Berikut sejumlah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro:

1. Benteng Vredeburg
Salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa dikunjungi adalah Benteng Vredeburg. Tempat ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di Keraton Yogyakarta.

Saat ini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalam museum ini, terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, dan ruang audiovisul. Bagi Anda yang tengah berada di Malioboro, sebaiknya menyempatkan diri mengunjungi museum populer di Kota Istimewa ini.

2. Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo menjadi salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa dikunjungi. Pasar ini terkenal untuk kulakan atau belanja batik dan pernak-pernik khas Jogja lainnya.

Beberapa barang yang bisa Anda beli di Pasar Beringharjo, yaitu kaos oblong, totebag, dress batik, seprei, sandal batik, dan masih banyak lagi. Saat belanja di sini, sebaiknya Anda pandai menawar.

3. Alun-Alun Kidul
Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro selanjutnya adalah Alun-Alun Kidul. Tempat wisata ini menampilkan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di tempat wisata ini, ada pohon beringin kembar yang begitu legendaris.

Selain itu, di Alun-Alun Kidul, Anda juga bisa mencicipi berbagai makanan lezat di sana. Wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat.

4. Jogja Gallery
Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa dikunjungi adalah Jogja Gallery. Tempat ini merupakan sebuah galeri visual di Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam seni visual yang bisa memanjakan mata.

Lokasi dari Jogja Gallery tidak jauh dari Alun-Alun Utara Yogyakarta. Tepatnya berada di utara alun-alun. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp3.000. Selain itu, Anda akan dikenai biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

5. Taman Pintar
Wisata di Jogja dekat Malioboro selanjutnya adalah Taman Pintar. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama anak dan keluarga. Banyak wahana menarik yang bisa dilakukan di Taman Pintar. Wisata edukatif ini terletak sekitar 200 meter saja dari Malioboro. Jadi, bila Anda sedang berada di Malioboro, langsung saja menuju ke arah timur.

6. Taman Sari
Wisata Jogja murah selanjutnya, yaitu Taman Sari. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati seni arsitektur masa lampau. Dulunya, Taman Sari dipakai sebagai tempat untuk pemandian putra-putri keraton.

Selain memiliki bentuk bangunan yang eksotis, situs Taman Sari juga memiliki nilai-nilai sejarah yang penting untuk diketahui. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp5 ribu, Anda sudah bisa menikmati keindahan bangunan di dalamnya.

7. Museum Sonobudoyo
Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya adalah museum Sonobudoyo. Museum ini merupakan salah satu museum purbakala terlengkap di Jogja. Banyak sekali koleksi yang disimpan di museum ini. Mulai dari rangka manusia zaman pra sejarah, hingga koleksi tombak yang digunakan pada masa penjajahan Belanda.

Museum ini terletak tidak jauh dari Malioboro. Lokasinya berada di sebelah utara Alun-Alun Utara Yogyakarta. Anda bisa mengunjungi museum ini jika memiliki minat yang tinggi terhadap sejarah. Untuk tiket masuknya, Anda bisa masuk ke dalam museum ini hanya dengan membayar Rp3.000 saja.(Red)

Sumber: merdeka.com


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments