Friday, March 24, 2023
Home Bisnis Finance Lucky Square Sepi Ditinggalkan Pengunjung dan Penyewa

Lucky Square Sepi Ditinggalkan Pengunjung dan Penyewa

Media Indo Pos,Bandung – Lucky Square Mal di Bandung menjadi salah satu pusat belanja yang makin sepi usai pandemi COVID-19. Mal di pusat kota Bandung ini bahkan bukan cuma ditinggal pengunjungnya saja tapi juga penyewa toko alias tennant.

Usut punya usut, ternyata sepinya mal Lucky Square sudah terjadi sejak lama. Bahkan sebelum pandemi. Sepinya mal itu disebut-sebut terjadi karena adanya pembangunan Fly Over Jalan Jakarta. Semenjak ada fly over perlahan-lahan mal itu sepi bak kota mati.

Ditambah lagi, pandemi COVID-19 yang berlangsung selama 3 tahun ke belakang juga bagaikan menjadi hantaman keras untuk mal tersebut. Dilansir dari detikJabar, Jumat (3/2/2023), setelah dikunjungi memang benar mal tersebut sudah sangat sepi. Bahkan, dari 5 lantai yang ada di Lucky Square hanya 2 lantai saja yang masih ada penghuninya, yakni lantai 1 dan 2.

Selain itu, fasilitas elevator hanya menyediakan pergerakan dari lantai 1 ke lantai 2 saja. Untuk turun tidak bisa menggunakan elevator, hal itu dilakukan demi mengurangi biaya operasional listrik.

Di lantai 1, hanya ada tiga tennant dengan ukuran cukup luas beroperasi. Sementara itu di lantai 2, tidak lebih dari 10 tennant berukuran kecil yang beroperasi.

“Jujur kita turunnya sejak ada jembatan (fly over) traffic kita pasti turun. Pintu masuk kehalang, dengan ada jembatan kita ubah jalur masuk repot banget,” kata salah satu pengelola Lucky Square, Rinno kepada awak media.

Rinno mengungkapkan, sejak ada pembangunan Fly Over Jalan Jakarta kunjungan ke Lucky Square sepi dan para penyewa tenan mulai pergi. “Kita punya Yogya, di bawah ada supermarket, di atas ada departemen store. Kondisinya sejak ada jembatan turun, Yogya juga, omzet dan income mulai turun, mereka tuh tidak memperpanjang,” ujar Rinno.

Pusat perbelanjaan ini dibangun di atas lahan seluas 10.000 meter persegi dengan luas bangunan 70.000 meter persegi dan mulai beroperasi sejak Agustus 2008.

Perlu diketahui bahwa operasional Lucky Square sendiri dikelola oleh PT. Lucky Sakti yang dimiliki oleh pengusaha bernama Anton Mashary. Dalam penelusuran, berdasarkan akun Linkedin miliknya, selain Lucky Square, diketahui bahwa Anton merupakan pemilik dari B Club.

Di luar itu, nampak bahwa kesulitan yang tengah dihadapi oleh Lucky Square Mall saat ini tidak hanya sepi tenant dan pelanggan, namun juga kemungkinan untuk dilelang. Hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan situs Pengadilan Agama Bandung.

Dikatakan bahwa sebelumnya PA Bandung sempat melakukan gelar Sita Eksekusi terhadap Lucky Square. Hal ini dilakukan oleh karena adanya ‘Wanprestasi’ yang dilakukan oleh PT. Lucky Sakti dengan salah satu petinggi di dalamnya adalah Nyonya Sukmawati.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa debitur sempat meminjam sejumlah uang kepada Bank Mandiri Syariah. Namun di tengah perjalanan pihak PT. Lucky Sakti, menunggak pembayaran setiap bulan dan terjadilah Wanprestasi.

Adapun sampai dengan 12 September 2019 lalu, diketahui total kewajiban debitur mencapai Rp 100.989.547.205.93 (Seratus milyar sembilan ratus delapan puluh sembilan juta lima ratus empat puluh tujuh ribu dua ratus lima rupiah koma Sembilan puluh tiga sen).

Karenanya pihak Bank Mandiri Syariah memohon kepada Pengadilan Agama Bandung untuk melaksanakan Sita Eksekusi dalam perkara Eksekusi Hak Tanggungan dan Fidusia, yang nantinya hal tersebut ditujukan untuk melakukan tahapan-tahapan sampai pada tahap lelang tujuannya agar Debitur dapat melunasi hutangnya.

Menanggapi hal ini pihak pemilik Lucky Square sendiri sudah mengajukan banding hingga kasasi. Namun meihat dari Putusan MAHKAMAH AGUNG Nomor 552 K/Ag/2022, nampak bahwa permohonan kasasi yang diajukan oleh Anton Mashary beserta kuasa hukumnya tersebut harus ditolak.(Red)

Sumber: detikcom


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments