Friday, March 24, 2023
Home Politik NasDem: Isu Reshuffle Sudah di Bawah Meja

NasDem: Isu Reshuffle Sudah di Bawah Meja

Media Indo Pos,Jakarta – Ketua DPP NasDem Effendi Choirie mengatakan isu perombakan atau reshuffle kabinet sudah ‘di bawah meja’ sejak Ketua Umum Surya Paloh bertemu Presiden Joko Widodo di Istana beberapa waktu lalu. Menurut dia, saat ini suasana partai politik koalisi pemerintah sejuk.

“Saya tidak tahu persis seperti apa detailnya yang dikatakan dalam forum di Istana itu. Akan tetapi, intinya semua senang dan sejuk. Jadi, reshuffle itu sudah ditaruh di bawah meja saja,” ujar Choirie, Senin (6/2).

Choirie menegaskan NasDem mendukung pemerintahan Jokowi hingga 2024. Sementara itu, di Pemilu 2024, NasDem sudah punya kandidat calon presiden yaitu Anies Baswedan. “Kemudian, mempersiapkan untuk 2024 sampai 2029, kita punya kandidat sendiri. Kita persiapkan dan bekerja untuk Pemilu 2024,” ucapnya.

Menurutnya, sebagai parpol, NasDem punya hak dan kedaulatan untuk mempersiapkan Pemilu 2024 meskipun masih tercatat sebagai parpol koalisi pemerintah. Choirie pun percaya diri Jokowi tidak akan melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat.

“Terlepas itu semua, bagi kami pedoman dan patokan NasDem itu Presiden ketemu Pak Surya,” ujar Choirie.

“Jadi, garisnya adalah mendukung Jokowi pemerintahan ini sampai 2024. Kami mempersiapkan diri untuk pemilu 2024 dengan Presiden Anies Baswedan,” imbuhnya.

Isu reshuffle kabinet memang sempat menguat beberapa waktu belakangan. Isu ini menguat menyusul deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden NasDem. Elite PDIP sempat meminta Jokowi mengganti dua menteri dari NasDem karena dianggap kinerjanya buruk.

Sempat beredar bahwa reshuffle akan dilakukan pada 1 Februari 2023 yang bertepatan dengan Rabu Pon berdasarkan penggalan Jawa. Namun, hari itu tidak ada reshuffle.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments