Friday, March 24, 2023
Home International World Joe Biden Komentari Xi Jinping: Pria Ini Punya Masalah Sangat Besar!

Joe Biden Komentari Xi Jinping: Pria Ini Punya Masalah Sangat Besar!

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut Presiden China Xi Jinping menghadapi “masalah besar”, termasuk ekonomi yang rapuh.

Dilansir dari AFP, Kamis (9/2/2023), dalam sebuah wawancara dengan PBS NewsHour, Biden mengatakan China dibatasi kemampuannya untuk menghadapi Amerika Serikat oleh kebutuhan untuk melindungi perdagangan internasional dan bahwa Xi sendiri berada dalam posisi yang tidak menyenangkan.

“Bisakah Anda memikirkan pemimpin dunia lain yang bertukar tempat dengan Xi Jinping? Saya tidak bisa memikirkannya,” kata Biden.

“Pria ini punya masalah yang sangat besar,” ujar Biden.

Biden yang sering menggambarkan hubungan AS-China sebagai yang paling berpengaruh di dunia, menambahkan bahwa Xi “juga memiliki potensi besar.” Namun, Biden mengatakan “sejauh ini, ekonominya tidak berfungsi dengan baik.”

Menurut Biden, Xi mengakui kemampuannya yang terbatas untuk bermanuver dalam konfrontasi dengan negara-negara Barat.

Mengacu ke dukungan China yang sejauh ini relatif tidak terdengar untuk sekutunya, Rusia dalam invasinya ke Ukraina, Joe Biden mengatakan “semua orang berasumsi bahwa China akan setuju dengan Rusia” – tetapi “mereka tidak setuju.”

Alasannya, menurut Biden, Xi telah mengambil pelajaran dari respons Barat yang luar biasa terhadap Rusia, termasuk pengenaan sanksi ekonomi yang kuat. “Saya meneleponnya musim panas ini untuk mengatakan, ‘Ini bukan ancaman, hanya pengamatan — lihat apa yang terjadi pada Rusia,'” ujar Biden.

Biden mengatakan dia menggarisbawahi dalam percakapan dengan Xi itu, bahwa 600 perusahaan AS telah keluar dari Rusia sejak invasi dimulai di Ukraina setahun lalu.

Biden bertemu langsung dengan Xi pada November tahun lalu di sela-sela KTT G20 di Bali, untuk pertama kalinya sejak dia menjadi presiden AS pada 2021. Mereka juga berbicara dalam lima panggilan telepon atau video selama waktu itu.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments