Friday, March 24, 2023
Home Health Penyebab Mengapa Kamu Kadang Menguap Ketika Berolahraga

Penyebab Mengapa Kamu Kadang Menguap Ketika Berolahraga

Media Indo Pos,Jakarta – Pada beberapa orang, berolahraga biasanya merupakan cara yang dilakukan ketika tubuh terasa berat. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan banyak keringat dan membuat tubuh terasa lebih bugar. Pada saat berolahraga kadang terdapat kondisi yang bisa tiba-tiba terjadi di tengah tubuh yang sedang digerakkan secara aktif. Pada saat berolahraga, banyak orang yang tiba-tiba lebih sering menguap, mengapa?

Dilansir dari Livestrong, Paul M. Gallo, EdD, dari American College of Sports Medicine mengatakan bahwa menguap ini bisa terjadi karena efek pengaturan temperatur dalam tubuh. Pada saat tubuh terasa panas dan berkeringat, dibutuhkan cara untuk mendinginkannya. Menguap bisa tiba-tiba muncul karena merupakan cara efektif dalam menurunkan temperatur tubuh.

“Ketika kamu mengirup udara sekitar yang lebih dingin dibanding suhu tubuh dalam jumlah banyak, maka temperatur tubuh dan otak juga ikut mendingin,” terang Gallo.

“Cara terbaik menurunkannya adalah dengan bernapas,” sambungnya.

Pada saat kamu menguap, terjadi kontraksi pada otot rahang dan tekanan darah juga meningkat. Ketika udara dingin menemui otot ini, maka terjadi pendinginan dan otak bakal memerintahkan otot-otot lain di dalam tubuh untuk juga melakukannya.

Jenis Olahraga Menentukan
Walau menguap pada saat berolahraga ini merupakan hal yang umum terjadi, namun kondisi ini bisa lebih sering pada jenis latihan tertantu. Pada olahraga yang melibatkan banyak otot besar di dalam tubuh, temperatur tubuh cenderung meningkat sehingga menguap lebih rentan terjadi.

Walau kerap menjadi penyebab, namun mengatur suhu tubuh bukan satu-satunya penyebab menguap saat olahraga. Kondisi ini juga bisa terjadi ketika tubuh mengarahkan darah pada otot yang tengah fokus dilatih.

Kondisi menguap ini memang alami, namun kamu perlu berkonsultasi dengan dokter ketika hal ini terlalu sering terjadi. Pada saat kamu menguap berlebih, bisa jadi ada masalah pada temperatur tubuh atau pada aliran darah.(Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments