Friday, March 24, 2023
Home Health Dokter Temukan Janin Bersarang di Otak Bayi Berusia 1 Tahun

Dokter Temukan Janin Bersarang di Otak Bayi Berusia 1 Tahun

Media Indo Pos,Jakarta – Dalam kasus yang sangat langka, dokter melakukan operasi pengangkatan janin dari otak anak berusia 1 tahun.

Dokter menemukan janin tersebut setelah anak tersebut menunjukkan perkembangan keterampilan motorik yang tertunda, lingkar kepala yang membesar dan penumpukan cairan di otak.

Dikutip dari Live Science, dalam laporan yang diterbitkan 12 Desember 2022 di jurnal Neurology tersebut mencatat bahwa benda asing di kepala anak kecil itu adalah ‘kembar diamniotik monokorionik yang cacat’.

Kondisi tersebut berarti di dalam rahim, janin pernah berbagi plasenta yang sama tetapi memiliki kantung ketuban yang terpisah. Jenis kembar ini berasal dari telur yang dibuahi yang sama, artinya mereka identik.

Anomali di mana satu janin diselimuti oleh yang lain dikenal sebagai “fetus in fetu”, atau terkadang “kembar parasit”.

“Kembar yang diserap biasanya berhenti berkembang sementara yang lain terus tumbuh,” tulis laporan tersebut.

Fenomena ini biasanya terjadi pada sekitar 1 dari 500 ribu kelahiran. Namun sejauh ini hanya ada kurang dari 50 laporan di seluruh dunia tentang kasus yang sama.

Biasanya janin yang cacat muncul sebagai massa di perut janin lain, terjepit di belakang jaringan yang melapisi dinding perut. Namun di kasus ini, massa muncul di kepala janin dan kemungkinan besar sudah berada di sana si masa awal perkembangannya.

Dari pemindaian otak atau MRI, janin yang ada di kepala anak tersebut terdapat kolom tulang belakang dan dua tulang kaki. Janin yang cacat ini memiliki spina bifida atau kondisi sumsum tulang belakang terbuka.

Laporan kasus tersebut tidak mencakup perincian kondisi anak berusia 1 tahun itu setelah operasi. (Red)


close






Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments