Monday, May 20, 2024
HomeBerita Nasional7 Fakta Mobil Nopol Diplomatik Tabrak 4 Orang di Koja

7 Fakta Mobil Nopol Diplomatik Tabrak 4 Orang di Koja

Media Indo Pos,Jakarta – Mobil Lexus berpelat nomor kedutaan besar luar negeri atau diplomatik, CD-27-09, menabrak empat orang di Koja, Jakarta Utara. Berikut adalah tujuh fakta terkait peristiwa tersebut.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (10/11/2023) pukul 06.10 WIB. Saat kecelakaan, mobil Lexus tersebut tengah melaju dari arah timur menuju barat.

Tiga orang pelajar dan satu orang ibu rumah tangga terluka akibat ulah pengemudi. Hingga akhirnya mobil tersebut dihentikan massa yang melihat kejadian itu. Berikut fakta-fakta mengenai peristiwa tersebut:

1) Tabrak 3 Pejalan Kaki di Lampu Merah
Polisi menyebut, mobil hilang kendali hingga menabrak tiga orang pejalan kaki. Pelaku pun menabrak sepeda motor yang ada di lokasi.

“Sesampainya di dekat persimpangan TL (traffic light) Jaya, hilang kendali, oleng ke kiri menabrak tiga orang pejalan kaki yang sedang berdiri di trotoar sisi kiri dan sepeda motor yang sedang di parkir dekat pejalan kaki tersebut,” kata Edy saat dihubungi, Jumat (10/11/2023).

2) Kabur Usai lalu Tabrak Ibu-ibu
Tak berhenti usai menabrak tiga orang, sopir Lexus tancap gas dan melarikan diri. Tak sampai di sana, pelaku kembali menabrak seorang ibu rumah tangga di depan RS Koja.

“Kemudian kendaraan Lexus GS 300 CD-27-09 melaju ke arah barat. Setibanya di depan RS Koja menabrak pejalan kaki saudari M yang sedang berjalan di trotoar,” ujarnya.

3) Kabur dan Ditangkap
Pelaku kembali kabur usai menabrak korban ibu rumah tangga. Akhirnya, pelarian pelaku terhenti di depan pelabuhan NTCP 1 saat mencoba memutar balik kendaraannya.

“Kemudian kendaraan Lexus GS 300, CD-27-09 tersebut tetap melaju kabur ke arah pemakaman Mbah Priok dan kemudian memutar balik arah ke timur kemudian tertangkap di depan pelabuhan NTCP 1,” pungkasnya

4) Sempat Dikerumuni Massa
Berdasarkan kesaksian warga bernama Novian Nurhadi, massa mengitari mobil diplomatik itu. Novian pun sempat memvideokan saat massa meminta sopir turun.

Dia melaporkan lalu lintas di sekitar lokasi sempat macet karena kerumunan massa. Dari video yang dia kirimkan, terlihat sejumlah polisi mendatangi orang di dalam mobil itu. Mobil sedan Lexus itu berpelat nomor CD 27 09. Di dalamnya, ada pria dengan busana terusan corak garis-garis hitam-putih.

5) Kondisi Mobil Penyok
Bagian depan terutama sebelah kiri mobil itu terlihat penyok. Ban mobil itu juga rusak. Novian menilai ini adalah peristiwa tabrak lari.

“Macet parah tadi. Karena memang kan dia-ugal ugalan pula ketika mau di kejarnya . Dan ditangkep di dekat belokan arah Tanah Merah macetnya karena banyak orang saja yang melihat kejadian tersebut,” kata dia.

Berdiri di depan pintu kemudi mobil sedan kedutaan negara sahabat itu, ada pria yang menyatakan dirinya sempat coba ‘disogok’ oleh si pengemudi mobil itu. Pria itu menceritakan peristiwa ke polisi di sebelahnya. Ini terekam di video Novian.

Dia melihat pria pengendara mobil berpelat putih CD 27 09 itu diamankan polisi ke Pos Tanah Merdeka. Selanjutnya, Novian meninggalkan lokasi.

6) Pelat Asli
Polisi menyebut pelat dengan nomor CD-27-09 pada mobil tersebut pelat asli. Namun, polisi enggan menyebut asal kedutaan besar negara tersebut.

“(Pelat diplomatik) asli,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra saat dihubungi, Jumat (10/11/2023).

Jhoni belum membeberkan pelat dinas CD-27 tersebut dari negara mana. “Harus dikoordinasikan dulu sama dubes mana,” ujarnya.

7) Pernah Viral Buntuti Wanita
Empat bulan sebelumnya, mobil nomor polis kedubes negara sahabat itu juga pernah terekam kamera dan videonya viral di medsos. Mobil yang diduga sama itu disebut-sebut membuntuti seorang wanita selama berhari-hari.

Dalam video yang beredar seperti dilihat Kamis (6/7/2023), terlihat seorang wanita menegur pria pemobil yang disebut penguntit tersebut. Pria tersebut diduga seorang WNA yang membawa mobil pelat diplomatik CD-27-09. Merasa tak nyaman diikuti selama beberapa hari, wanita tersebut akhirnya merekam pria tersebut.

“Eh, lu selalu ganggu gua ya,” ujar wanita tersebut sambil menyorotkan kameranya ke pemobil tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments