Thursday, May 23, 2024
HomeTNIPanglima Yudo Mutasi 105 Perwira Tinggi: Wakil KSAD Hingga Waka BIN

Panglima Yudo Mutasi 105 Perwira Tinggi: Wakil KSAD Hingga Waka BIN

Media Indo Pos,Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 105 perwira tinggi di lingkungan TNI. Sejumlah jabatan strategis berganti dalam mutasi kali ini.

Mutasi tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diteken pada Kamis (9/11).

Dalam keputusan itu, Yudo menunjuk Letjen Arif Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Dankodiklatad menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Posisi Wakil KSAD sebelumnya kosong usai ditinggal Jenderal Agus Subiyanto yang promosi menjadi KSAD.

Yudo juga menunjuk Letjen I Nyoman Cantiasa menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Jabatan lama Nyoman yakni Koorsahli KSAD kini diemban oleh Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya merupakan Asintel Panglima TNI. Sementara jabatan Asintel Panglima TNI yang ditinggal Sonny, kini dijabat Mayjen Djaka Budhi Utama.

Letjen Alfret Denny dimutasi dari Irjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Mayjen Hilman Hadi yang sebelumnya merupakan Staf Khusus KSAD ditunjuk menjadi Irjenad.

Laksda Budi Purwanto ditunjuk menjadi Danpushidrosal menggantikan Laksdya Nurhidayat yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. Budi sebelumnya adalah Wadan Pushidrosal.

Laksda Edwin dimutasi dari Pangkolinlamil menjadi Asrena KSAL. Laksma Hudiarto yang sebelumnya adalah Waasrena KSAL kemudian ditunjuk menjadi Pangkolinlamil.

Selain itu, Marsma Mohammad Nurdin ditunjuk ditunjuk menjadi Pangkoopsud I menggantikan Marsda Bambang Gunarto. Nurdin sebelumnya adalah Danlanud Roesmin Nurjadin, sementara Bambang dimutasi menjadi Wadan Kodiklatau.

Lalu Marsma Ramot Christian Parlindungan Sinaga dimutasi dari Danpusdik Kodiklatau menjadi Danlanud Sam Ratulangi. Jabatan lamanya kini diemban Marsma Muhammad Mujib yang sebelumnya adalah Danlanud Sam Ratulangi.

Ada pula mantan ajudan Presiden Jokowi yang menjadi Staf Khusus Kasad, Rudy Saladin, kini diangkat menjadi Sekretaris Militer Kemensetneg. Pun mantan ajudan Jokowi yang lain, Hersan, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Militer Kemensetneg, dirotasi menjadi Pangkoarmada III.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments