Monday, May 27, 2024
HomeBerita NasionalAnies Baswedan Soal Rumput JIS: Rakyat Indonesia Akan Menilai

Anies Baswedan Soal Rumput JIS: Rakyat Indonesia Akan Menilai

Media Indo Pos,Jakarta – Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menanggapi Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang dipakai menjadi salah satu stadion untuk Piala Dunia U-17 hingga rumput lapangan yang disorot. Anies mengatakan biar masyarakat yang akan menilai.

“Pertama JIS ini sebuah mega struktur yang diakui dunia dan ini karya 100 persen anak-anak bangsa Indonesia, tidak menggunakan tenaga asing,” kata Anies di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Minggu (12/11/2023).

Anies mengatakan JIS adalah bukti jika anak muda Indonesia tak kalah dengan tenaga asing untuk membuat infrastruktur yang megah. Ia mengaku senang, JIS digunakan sebagai salah satu stadion gelaran Piala Dunia U-17.

“Menjadi bukti bahwa bila kita mau memberikan kesempatan, maka anak-anak Indonesia bisa mahakarya seperti JIS. Karena ini memang karya skalanya global. Karena itu wajar apabila tempat ini digunakan event-event global juga,” ujar eks Gubernur DKI Jakarta ini.

“Dan kami senang dengan komentar jujur para pelatih internasional, karena komentar-komentar jujur seperti ini lah yang kita butuhkan supaya bangsa kita juga memiliki keyakinan atas apa yang dibuat oleh bangsanya sendiri,” sambungnya.

Anies kemudian merespons soal rumput JIS yang disorot dan dibandingkan sebelum serta sesudah rumput diganti untuk Piala Dunia U-17. Ia menyebut publik bisa menilai mana yang terbaik.

“Gini, kalau terkait teknis saya nggak komentar ya. Tapi saya rasa seluruh rakyat Indonesia akan bisa melihat, menilai dan menyimpulkan, dan kita kerjakan yang terbaik aja biar masyarakat menilai. Ke depan jadi pelajaran bahwa penting sekali kita menomor satukan kepentingan bangsa, kepentingan negara di atas kepentingan yang lain,” ucapnya.

Seperti diketahui, JIS akan menjadi venue tempat dua grup berlaga, termasuk kandang Timnas U-17 Indonesia. Selain JIS, Piala Dunia U-17 digelar di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Rumput JIS sempat disorot hingga menjadi perbincangan di media sosial karena sebagian warnanya hijau terang dan sisi lainnya lebih gelap. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, meminta pengkritik untuk lihat langsung, jangan dari televisi.

“Tentu lapangannya bagus, kalau lapangan dan rumput tidak bagus, mana mungkin dong mereka (Inggris) bisa sampai 10-0. Terkadang saya juga bingung, dibandingkan, ini zaman dulu ini sekarang begini. Terkadang orang tidak melihat, rumput itu bukan sekadar soal penampakan di TV, apalagi bisa saja TV-nya pas itu saturasi warnanya memang terlihat hijau banget, yang di bawah tidak,” kata Arya seperti dilansir dari detikSport.

“Makanya lihat langsung lapangan dan sampe hari ini belum ada keluhan mengenai rumput JIS dari timnas-timnas, harus diingat juga, JIS itu dipakai paling banyak selama Piala Dunia, jadi match-nya paling banyak main di JIS. Kenapa? Itu rekomendasi FIFA, kenapa rekomendasi dari FIFA? Karena rumputnya memang tahan untuk bermain, kita asumsikan seperti itu,” sambungnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments