Thursday, May 23, 2024
HomeBisnisFinancePercepat Beras Impor Masuk, Pelabuhan Bongkar Muat Beroperasi 24 Jam

Percepat Beras Impor Masuk, Pelabuhan Bongkar Muat Beroperasi 24 Jam

Media Indo Pos,Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo turut membantu realisasi impor beras yang proses bongkarnya dikelola melalui pelabuhannya. Pelayanan untuk bongkar beras impor ini dilakukan di pelabuhan dari ujung timur hingga barat Indonesia dengan pola waktu pengoperasian 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu (24/7).

“Pola pemberian layanan operasional 24/7 atau non stop sudah Pelindo terapkan sejak beberapa tahun lalu. Waktu kerja ini berlaku untuk semua jenis komoditas yang akan dibongkar muat, termasuk beras. Di sini kami ingin memastikan kelancaran arus barang di pelabuhan tetap terjamin,” kata Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam keterangan tertulis, Minggu (12/11/2023).

Arif mencatat dari Januari-Oktober 2023 pihaknya telah melakukan bongkar beras impor di 16 pelabuhan yang dikelola Pelindo. Tercatat pelayanan sebanyak 138 kapal dan volume beras yang dibongkar yaitu 1.431.615 ton.

Bongkar beras impor tersebut dilakukan di Pelabuhan Panjang, Bitung, Tanjung Wangi, Teluk Bayur, Tanjung Perak (Jamrud), Lhoksumawe, Malahayati, Belawan, Dumai, Tenau Kupang, Tanjung Emas, Tanjung Priok, Balikpapan, Ambon, Sorong dan Papua.

“Di manapun proses bongkar beras dilakukan, pelabuhan yang dikelola Pelindo pada prinsipnya siap memberikan layanan 24/7 dan tentunya kelancaran arus barang ini dapat terwujud jika seluruh elemen yang terkait juga dapat memberikan pola waktu kerja yang sama,” tutur Arif.

Layanan 24/7 pelabuhan juga harus diimbangi pihak-pihak terkait termasuk Bulog yang juga menyiapkan gudang-gudang beroperasi 24 jam. Dengan begitu akan memperlancar pembongkaran dan penyimpanan beras untuk distribusi ke masyarakat.

Sebagai informasi, Bulog telah meneken kontrak impor beras sebesar 1 juta ton. Kuota tersebut akan dikirim bertahap, di mana 600 ribu ton akan datang lebih dulu dan 400 ribu ton sisanya menyusul di Januari 2024.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments