Thursday, May 23, 2024
HomeTNIUpaya Atasi Krisis Air Bersih, Kodim 0801/Pacitan Bangun Sumur Bor Untuk Warga

Upaya Atasi Krisis Air Bersih, Kodim 0801/Pacitan Bangun Sumur Bor Untuk Warga

Media Indo Pos,Pacitan – Kodim 0801/Pacitan terus berkomitmen untuk membantu masyarakat yang ada di wilayah teritorialnya, utamanya dalam menjaga ketersediaan air bersih yang layak dikonsumsi maupun demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sumber air bersih dan sanitasi yang layak merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Untuk itu, salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan pada sektor lingkungan hidup yakni memastikan masyarakat mencapai akses air bersih dan sanitasi yang memadai.

Dengan latar belakang itu, Kodim 0801/Pacitan akan merealisasikan program TNI Manunggal Air dengan membangun sumur bor yang berlokasi di Dusun Jaten, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Senin (13/11/2023).

Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto, S.I.P., M.I.P., mengatakan, bahwa pembangunan sumur bor tersebut sebagai bentuk kepedulian bersama untuk menjawab keluhan masyarakat selama ini, jika musim kemarau tiba mereka selalu mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih.

“Kami berharap selama pengerjaannya nantinya dapat berjalan aman dan lancar sesuai target yang diharapkan, karena kita tahu wilayah Kecamatan Donorojo merupakan dataran tinggi, sekaligus daerah bebatuan,” ujar Dandim secara terpisah.

Lebih dari itu, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada Korem 081/Dsj dan PT INKA atas perhatian dan kepeduliannya dalam membantu masyarakat Dusun Jaten dengan membangun sumur bor melalui program TNI Manunggal Air.

“Dengan adanyanya pembangunan sumur bor itu, mudah-mudahan masyarakat Dusun Jaten tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih, terlebih saat musim kemarau tiba. Karena jika memasuki musim kemarau warga setempat hanya mengandalkan droping dari Pemerintah,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pembangunan sumur bor pada program TNI Manunggal Air tersebut merupakan hasil bantuan dari Korem 081/Dsj bekerja sama dengan PT INKA, kemudian direalisasikan oleh Kodim 0801/Pacitan guna mengatasi krisis air bersih di wilayah rawan terjadi kekeringan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments