Tuesday, May 21, 2024
HomeInternationalWorldKTT APEC di Amerika Serikat Didemo Massa Pro-Palestina

KTT APEC di Amerika Serikat Didemo Massa Pro-Palestina

Media Indo Pos,San Francisco – Ratusan massa anti-kapitalis dan pendukung Palestina menggelar aksi demonstrasi pada konferensi tingkat tinggi (KTT) Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di San Francisco, Amerika Serikat, sejak Minggu (12/11).

Para pedemo menyerukan protes terhadap negara-negara blok ekonomi APEC tersebut serta mendukung Palestina yang tengah menghadapi agresi Israel. Para pengunjuk rasa mendesak para pemimpin dunia yang berpartisipasi di KTT APEC untuk lebih mengutamakan kemanusiaan daripada bisnis, seperti dikutip dari AFP.

“APEC merupakan bentuk-bentuk pemerintah kolonial neoliberal. Kami di sini untuk memastikan bahwa mereka harus meletakkan orang-orang dan planet ini di depan dan di tengah semua isu yang mereka negosiasikan,” ujar salah satu pengunjuk rasa, Nik Evasco.

KTT APEC yang dihadiri 20 pemimpin negara kemungkinan bakal fokus membenahi kerja sama antara AS dan China dengan kedatangan Presiden Xi Jinping. Agresi Israel ke Palestina juga akan jadi pembahasan lain di forum tersebut.

“Mereka membingkai negosiasi seolah berusaha membangun ekonomi hijau, tapi yang sebenarnya terjadi adalah mengeksploitasi sumber daya berharga untuk mengembangkan solusi bersih untuk keuntungan perusahaan-perusahaan di AS,” tutur Evasco.

Massa pedemo pro-Palestina juga memenuhi jalan dekat venue APEC di San Francisco.

“Saya hadir di sini untuk berdemo demi solidaritas bersama Palestina yang sudah 75 tahun mengalami pendudukan dan pemusnahan etnis. Itu benar-benar genosida yang amat salah dan kami menggalang dana di AS,” kata Eleonora Collet kepada media.

Agresi Israel di Jalur Gaza mengakibatkan lebih dari 11 ribu orang meninggal dunia. Sebanyak 4.600 yang menjadi korban meninggal merupakan anak-anak, berdasarkan keterangan dari pemerintahan Hamas.

Meski Israel bukan anggota APEC, Collet mengatakan tetap perlu menggelar unjuk rasa menentang agresi negara Zionis itu. “Upaya untuk kemerdekaan bersifat internasional, semua penyebab ini juga saling terhubung,” ucap Collet.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments