Thursday, May 23, 2024
HomeTNIDanramil 0819/05 Grati Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023 Kabupaten Pasuruan

Danramil 0819/05 Grati Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023 Kabupaten Pasuruan

Media Indo Pos,Pasuruan – Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar apel kesiapsiagaan bencana tahun 2023 di halaman Gedung Maslahat Kabupaten Pasuruan, Komplek Perkantoran Raci, Jl. Raya Bangil – Pasuruan km 09, Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Rabu (15/11/2023).

Apel kesiapsiagaan bencana ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan Kabupaten Pasuruan dan semua pihak dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, baik dari kesiapan personil maupun sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya.

Kegiatan Apel kesiapsiagaan bencana ini diikuti oleh jajaran TNI, Polri yang meliputi 1 SST Pasukan dari Kodim 0819/Pasuruan, 1 SST Polres Pasuruan, 1 SST Polres Kota Pasuruan,1 SST Satpol PP Kabupaten Pasuruan,1 SST Dinkes Kabupaten Pasuruan, 1 SST DLH Kabupaten Pasuruan, 1 SST BPBD Kabupaten Pasuruan, 1 SST DBMBK, SDA CITARU, DPKP Kabupaten Pasuruan, 1 SST Dinsos PB Kabupaten Pasuruan, 1 SST BAGANA, 1 SST Dishub Kabupaten Pasuruan dan 1 Unit Korps Musik Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan apel ini dihadiri oleh Pj Bupati Pasuruan Dr. Andriyanto, S.H., M.Kes., Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama G, S.H., S.I.K., M.Si., Danramil 0819/05 Grati Kapten Kav Nasrokin mewakili Dandim 0819/Pasuruan, Sekda Kab Yudha Triwidya Sasongko, S.Sos., M.Si., Kepala PA Bangil ibu Dra. Noor Asyiah, mewakili Kejari Kabupatem Pasuruan Memet Achirius, SH., Kalaksa BPBD Kab Sugeng Hariadi, S.E., M.M., Komandan Apel Kapten Arm Yusim, OPD Kabupaten Pasuruan dan Forpimka se-Kabupaten Pasuruan.

Pj Bupati Pasuruan Dr. Andriyanto, S.H., M.Kes., selaku pembina apel mengatakan, “Apel kesiapsiagaan ini memiliki tujuan agar kita selalu siap dalam menghadapi segala macam bencana, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hampir seluruh ancaman bencana ada dan pernah terjadi di kabupaten Pasuruan kecuali Likuifaksi dan tsunami.”

“Ancaman bencana tersebut antara lain banjir, banjir bandang, tanah Longsor, angin puting beliung, gelombang tinggi dan abrasi, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, gempa bumi, erupsi gunung berapi, kegagalan teknologi, dan wabah penyakit,” ungkapnya.

Andriyanto juga mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Pasuruan tengah menghadapi ancaman bencana hidro meteorologi I, yaitu kebakaran hutan dan kekeringan. Terdapat 22 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang saat ini mengalami darurat kekeringan, yang dalam penanganannya telah dilakukan pendistribusian air bersih untuk masyarakat, sementara kebakaran hutan melanda 2 pegunungan yaitu Gunung Arjuna dan Gunung Bromo.

“Dalam waktu dekat, kementerian dalam negeri akan menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai pilot project inisiasi program Kecamatan Tangguh Bencana (KENCANA). Pada kesempatan ini, pemerintah Kabupaten Pasuruan ingin menyampaikan dukungan untuk kegiatan tersebut, sekaligus kemi berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya.

Di kesempatan ini, Kapten Kav Nasrokhin yang mewakili Dandim 0819/Pasuruan mengatakan, “Kami selalu siap membantu kapanpun dibutuhkan dan diperlukan, guna mendukung pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam menghadapi segala bentuk ancaman bencana yang terjadi khususnya di Kabupaten Pasuruan sesuai apa yang sudah diinstruksikan oleh pimpinan kami Dandim 0819/Pasuruan.”

Apel kesiapsiagaan ini di akhiri dengan pemeriksaan sarana dan prasarana, serta logistik lainnya untuk menunjang seluruh kegiatan, apabila nanti terjadi bencana sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments