Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalWarisan dari Ibu: Rafael Alun Trisambodo dan Kakak Dapat Masing-masing 1 Kg...

Warisan dari Ibu: Rafael Alun Trisambodo dan Kakak Dapat Masing-masing 1 Kg Emas!

Media Indo Pos,Jakarta – Kakak pertama Rafael Alun Trisambodo, Petrus Giri Hesnawan, menceritakan soal warisan dari ibu mereka. Dia mengatakan dia dan adik-adiknya, termasuk Rafael, mendapatkan emas 1 kg.

Hal itu diceritakan Petrus Giri saat menjadi saksi meringankan bagi Rafael Alun dalam sidang kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023). Petrus Giri mengatakan ibunya memiliki sejumlah bisnis.

Dia mengatakan ibunya pernah memberikan pinjaman kepada Rafael Alun senilai Rp 3,5 miliar pada 2000. Petrus Giri mengatakan dia sempat kecewa karena hanya Rafael Alun yang mendapatkan uang tersebut.

Petrus mengatakan ibunya juga memberikan Rafael Alun rumah di Kebon Jeruk meski uang Rp 3,5 miliar yang disebut sebagai pinjaman itu belum dikembalikan Rafael. Petrus pun mengaku kecewa dengan pemberian yang diterima Rafael.

“Awal 2005 ibu pernah manggil kami, ibu punya rumah ini mau saya kasih ke Alun. Jadi itu rumah Kebon Jeruk kalau nggak salah, rumah dan tanah. ‘Loh kok ibu pernah ngasih pinjam uang kok sekarang masih memberikan rumah ke Alun lagi?’,” ucapnya.

Dia mengatakan ibunya kemudian menawarkan dirinya emas 2 kg. Namun dia mengaku memilih diberi uang Rp 300 juta. “Jadi saya waktu itu kecewa juga, akhirnya ibu memberi saya pilihan akan saya kasih emas, tapi waktu itu mau dikasih 2 kilo, tapi saya milih uang waktu itu sekitar Rp 300 juta,” kata Giri.

Dia menilai permintaannya itu masih belum setara dengan yang diterima Rafael Alun. Singkat cerita, ibunya memberikan rumah di Yogyakarta kepadanya. Ada pula lima sertifikat tanah yang masih dipegangnya.

“Tapi kan itu tidak sesuai dengan apa yang diberikan ke Alun sehingga kami minta apa lagi, maka ibu berikan rumah di Jogja itu buat kami bertiga, nah Pak Alun tidak mendapat lagi,” sambungnya.

Petrus Giri mengatakan ibunya juga meninggalkan warisan berupa emas. Setelah ibu mereka meninggal, emas warisan itu dibagi rata sehingga masing-masing anak mendapat 1 kg.

“Jadi waktu ibu meninggal, setelah 40 hari kita bongkar lemari ibu ada sertifikat dan emas perhiasan. Akhirnya emas saya bagi berempat masing-masing 1 kilo. Nah, sertifikat saya bagikan ke Pak Aji dan saya. Itu tujuannya adalah supaya aman aja nggak ke mana-mana,” tuturnya.

Rafael Alun merupakan eks ASN pada Kementerian Keuangan dengan jabatan terakhir Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan. Jaksa mendakwa Rafael Alun menerima gratifikasi Rp 16,6 miliar lewat perusahaan yang didirikannya.

Rafael Alun juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang hingga Rp 100 miliar. TPPU itu dibagi dalam dua tahap dalam dakwaan jaksa.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments