Sunday, May 19, 2024
HomeTNIPenguatan Profil Pelajar Pancasila, Kodim 0801/Pacitan Berikan Wawasan Kebangsaan

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kodim 0801/Pacitan Berikan Wawasan Kebangsaan

Media Indo Pos,Pacitan – Kali ini, sebagai wujud menciptakan generasi masa depan bangsa yang cinta tanah air. Kodim 0801/Pacitan kembali melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan (wasbang).

Seperti yang dilakukan anggota Kodim 0801/Pacitan Sertu Maret saat ini memberikan wasbang kepada siswa-siswi SMPN 3 Arjosari di lapangan Makodim 0801/Pacitan, Jalan Letjen R. Suprapto No. 42, Barean, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kota Pacitan, Kamis (16/11/2023).

Saat dikonfirmasi awak media, Sertu Maret menyampaikan, bahwa pembinaan kegiatan wasbang mengusung tema “Kebhinekaan Global”, siap membina dan membentuk siswa-siswi yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebhinekaan Tunggal Ika dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat kebangsaan juga bisa disebut nasionalisme dan nasionalisme itu sendiri merupakan rasa cinta terhadap tanah air,” ucapnya.

Lebih lanjut, guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi yang memajuan bangsa dan negara, tak henti-hentinya untuk terus mensosialisasikan wasbang dan bela negara.

“Pemberian materi wasbang di sekolah-sekolah adalah sangat penting sekali, dengan tujuan agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki wawasan kebangsaan yang luas, sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa, persatuan dan kesatuan, serta siap menerima tahta kepemimpinan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Pihak sekolah dari SMPN 3 Arjoasri ibu Rina selaku guru pembimbing mengapresiasi kegiatan dari Kodim 0801/Pacitan, dengan harapan para generasi muda memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi, serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Kegiatan pembekalan wasbang dilanjutkan dengan outbound singkat yang dipandu oleh anggota Kodim 0801/Pacitan Pelda Muklis dan beberapa guru pendamping dan diikuti dengan gembira oleh seluruh siswa-siswi SMPN 3 Arjosari.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments