Wednesday, May 29, 2024
HomeBerita NasionalHaris Azhar Dituntut 4 Tahun Penjara, Luhut Bicara Tak Ada Kebebasan Absolut

Haris Azhar Dituntut 4 Tahun Penjara, Luhut Bicara Tak Ada Kebebasan Absolut

Media Indo Pos,Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukum 4 tahun penjara terhadap Haris Azhar dan 3,5 tahun bui untuk Fatia Maulidiyanti dalam kasus pencemaran nama baik terhadap Menko Merves Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut pun memberikan tanggapan dengan menyebut bahwa tak ada kebebasan yang absolut.

“Tidak ada kebebasan absolut itu, saya berkali-kali sampaikan, kebebasan bertanggung jawab. Kita juga harus tanggung jawab dong, jangan mentang-mentang berlindung di balik lingkungan hidup,” kata Luhut dalam unggahan video di akun Instagramnya, Sabtu (18/11/2023).

Menurut Luhut Haris Azhar dan Fatia melakukan manipulasi banyak hal. Dia meminta Hariz Azhar dan Fatia bertanggung jawab atas kasus itu. “Padahal Anda memanupulasi banyak hal, ya nggak boleh dong. Ya Anda harus bertanggung jawab, ya buktikan di pengadilan,” katanya.

Tuntutan Haris Azhar dan Fatia
Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut terdakwa Haris Azhar hukuman 4 tahun penjara. Haris Azhar dianggap terbukti bersalah dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang memeriksa dan mengadili perkara ini, memutuskan, menyatakan Haris Azhar terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah,” kata jaksa saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (13/11).

“Menghukum Haris Azhar untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun,” sambung jaksa.

Haris Azhar juga dituntut membayar denda Rp 1 juta subsider 6 bulan kurungan.

Jaksa meyakini Haris Azhar bersalah melanggar Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang ITE juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Jaksa mengatakan hal memberatkan Haris Azhar ialah terdakwa tidak mengakui perbuatan, berlindung seolah-olah mengatasnamakan pejuang lingkungan hidup hingga tidak sopan di persidangan. Sementara tidak ada hal meringankan bagi Haris Azhar.

Sementara itu, JPU menuntut Fatia Maulidiyanti hukuman penjara. Fatia dianggap terbukti bersalah dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang memeriksa dan mengadili perkara ini, memutuskan, menyatakan Fatia Maulidyanti terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah,” kata jaksa saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (13/11).

“Menghukum Fatia Maulidiyanti untuk menjalani pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulan,” sambung jaksa.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments