Wednesday, May 22, 2024
HomeInternationalWorld31 Bayi Prematur Dievakuasi dari RS Al Shifa Tanpa Keluarga

31 Bayi Prematur Dievakuasi dari RS Al Shifa Tanpa Keluarga

Media Indo Pos,Jakarta — Sebanyak 31 bayi prematur di rumah sakit Al Shifa utara Gaza dievakuasi ke sebuah rumah sakit di wilayah selatan, untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan di tengah agresi Israel.

Puluhan bayi prematur itu dievakuasi oleh petugas medis Palestina pada Minggu (19/11) waktu setempat, usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut situasi di Al Shifa bak “zona kematian”.

Direktur RS Al Shifa Mohammed Zaqut mengatakan 31 bayi prematur itu telah dievakuasi, sambil menunggu persiapan lebih lanjut untuk dibawa ke luar Gaza menuju Mesir.

“Para dokter menemukan bahwa semua bayi tersebut berjuang melawan infeksi serius, karena kurangnya pasokan medis dan ketidakmungkinan tindakan pengendalian infeksi di Al Shifa,” kata Zaqut dikutip dari AFP.

Dia juga menyebut tidak ada satu pun dari bayi prematur itu yang didampingi anggota keluarga, karena Kementerian Kesehatan Gaza tak bisa menemukan keluarga mereka.

Sejak sepekan terakhir RS Al Shifa menjadi titik target gempuran Israel, yang mengklaim fasilitas medis itu dijadikan pusat komando oleh milisi Hamas. Baik itu pihak Hamas maupun pengelola RS telah membantah tuduhan Israel.

Lebih dari 40 hari agresi Israel atas Palestina, lebih dari 13 ribu warga sipil tewas di mana 5.500 di antaranya adalah anak-anak.

Menurut WHO saat ini masih ada lebih dari 250 pasien dan staf medis di Al Shifa.

Otoritas berwenang kini sedang membuat rencana evakuasi bagi mereka, namun perlu waktu beberapa hari untuk mengevakuasi semuanya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments