Monday, May 20, 2024
HomeBerita Nasional4 Fakta Viral Penumpang Merokok di Dalam Pesawat dan Aturannya

4 Fakta Viral Penumpang Merokok di Dalam Pesawat dan Aturannya

Media Indo Pos,Jakarta – Heboh seorang penumpang pria kedapatan merokok di dalam pesawat Citilink Indonesia. Penumpang yang merokok dalam pesawat di tengah penerbangan dari Batam menuju Surabaya itu pun telah diamankan petugas setibanya di bandara.

Video yang menampilkan kejadian tersebut sempat viral di media sosial. Pihak Citilink Indonesia pun membenarkan adanya peristiwa yang terjadi pada Sabtu (18/11/2023) itu. Berikut sederet fakta terkait kejadian viral itu dan aturannya:

1) Video Pria Kedapatan Merokok di Pesawat Viral
Video penumpang pria kedapatan merokok di pesawat itu sempat viral di media sosial. Awalnya terlihat seorang pria dibawa oleh beberapa orang petugas bandara. Tampak seluruh penumpang di dalam pesawat melihat pria tersebut dijemput oleh petugas.

“Bikin heboh penumpang lain, pria ini merokok di tengah penerbangan Batam menuju Surabaya,” tulis keterangan pada video viral berdurasi 6 detik tersebut yang dilihat, Minggu (19/11/2023).

2) Citilink Benarkan Penumpang Merokok di Pesawat
Pihak Citilink Indonesia dikonfirmasi membenarkan kejadian adanya pria kedapatan merokok dalam pesawat tersebut. Kejadian itu diketahui terjadi pada penerbangan Citilink QG 949 rute Batam tujuan Surabaya pada Sabtu (18/11/2023).

“Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar mengenai penumpang yang merokok di dalam pesawat, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa benar terdapat penumpang yang merokok di dalam penerbangan Citilink QG 949 rute Batam-Surabaya pada Sabtu, (18/11),” kata Head of Corporate Secretary & CSR Division PT Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/11/2023).

3) Penumpang Diamankan Saat di Bandara Juanda
Haza menyebut penumpang pria yang kedapatan merokok di pesawat tersebut telah diamankan. Penumpang itu diamankan oleh petugas bandara saat tiba di Bandara Juanda, Surabaya.

“Atas kejadian tersebut, penumpang yang bersangkutan telah diserahkan kepada petugas aviation security di darat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

4) Penumpang Akui Kesalahan Merokok di Pesawat
Kepada petugas Bandara, penumpang pria yang kedapatan merokok di dalam pesawat saat dalam penerbangan itu mengakui kesalahannya.

“Penumpang yang bersangkutan mengakui kesalahannya dengan telah merokok di dalam lavatory pesawat,” ujar Head of Corporate Secretary & CSR Division PT Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasya.

5) Aturan Larangan Merokok Saat Berada di Pesawat
Sebagai informasi, setiap orang dilarang merokok di dalam pesawat. Berlaku baik sebelum, saat, dan setelah penerbangan. Hal ini terkait keamanan dan keselamatan penerbangan serta kenyamanan bagi seluruh penumpang.

Aturan terkait keamanan dan keselamatan penerbangan tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Bagi yang melanggar dapat dikenakan sanksi baik administratif maupun pidana (Pasal 412).

“Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan melakukan perbuatan yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 54 huruf a dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

Seperti dilansir dari Citilink, dalam penerbangannya tidak diperkenankan merokok bagi penumpang. “Merokok (atau percobaan untuk merokok) tidak diperbolehkan dalam setiap penerbangan kami,” dalam keterangannya yang dilihat.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments