Tuesday, May 21, 2024
HomeInternationalWorldIran Pamer Rudal Hipersonik Fattah II, Mudah Jangkau Israel

Iran Pamer Rudal Hipersonik Fattah II, Mudah Jangkau Israel

Media Indo Pos,Jakarta – Iran meluncurkan rudal hipersonik versi terbarunya dalam pameran militer saat pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengunjungi universitas yang dikelola oleh divisi kedirgantaraan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) di Teheran pada Minggu (19/11).

Iran disebut ingin unjuk kekuatan di tengah meningkatnya kehadiran militer Amerika Serikat di wilayah tersebut setelah Israel mulai membombardir Gaza. Senjata terbaru ini merupakan versi yang lebih canggih dari rudal hipersonik bernama Fattah. Rudal hipersonik terbaru dipamerkan bersama senjata canggih lain, salah satunya drone Gaza.

Dilansir dari Reuters, drone Gaza memiliki jangkauan 2.000 kilometer atau 1.250 mil yang dibuat untuk menghormati perjuangan Palestina melawan Israel.

Drone Gaza adalah versi baru dari kendaraan udara tidak berawak Shahed dan pengembangan sistem pertahanan rudal 9-Day yang bisa meluncurkan proyektil jarak pendek hingga menengah.

IRGC juga menampilkan rudal bernama Mehran yang pertama kali diluncurkan bulan Juli. Iran bergabung beberapa negara lainnya, termasuk Tiongkok dan Rusia, yang memiliki senjata jarak jauh dengan kemampuan manuver kuat.

Terkait dengan rudal yang dipamerkan Minggu (19/11), pemerintah Iran memberinya nama Fattah II. Rudal Fattah II merupakan Kendaraan Luncur Hipersonik (HGV) yang meluncurkan sebuah proyektil ke sasaran setelah peluncuran awal, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Rudal Fattah II menawarkan manuver lebih besar dibandingkan hulu ledak balistik yang bergerak dalam pola busur dan bisa diprediksi musuh. Senjata ini mampu bergerak dengan kecepatan Mach 15 atau 5,1 kilometer per detik dengan jangkauan 1.400 kilometer.

Pejabat IRGC pada Juli lalu mengatakan berusaha meningkatkan serangan hingga 2.000 kilometer yang mampu menjangkau area Israel. Peluncuran dan peningkatan senjata Iran ini sejalan dengan ambisi mereka untuk melawan agresi Israel.

Khamenei menyatakan bahwa rezim Zionis adalah simbol rasialisme dan mengecam dukungan barat atas serangan mematikan selama berminggu-minggu. Serangan Israel ke rumah sakit di Gaza menunjukkan kemarahan mereka atas kegagalan melawan pejuang Palestina.

Unjuk kekuatan senjata ini dilakukan oleh Iran bersamaan dengan tindakan Amerika Serikat memindahkan sejumlah aset militer mereka ke wilayah tersebut, termasuk dua kelompok penyerang kapal induk dan sebuah kapal selam nuklir.

Kelompok bersenjata dan politik yang didukung Iran, Hizbullah dan Yaman, juga terlibat konflik lintas batas dengan Israel. Israel menuduh Houthi menyita sebuah kapal kargo milik Inggris yang dioperasikan Jepang di Laut Merah bagian selatan. Israel menyebut insiden tersebut sebagai “tindakan terorisme Iran”.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments