Thursday, May 23, 2024
HomeInternationalWorldJokowi Soal Joe Biden Tak Gubris Gencatan Senjata: Mungkin Masih Ditampung

Jokowi Soal Joe Biden Tak Gubris Gencatan Senjata: Mungkin Masih Ditampung

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Presiden Amerika Serikat Joe Biden sama sekali tak menanggapi desakan soal gencatan senjata di Gaza, yang disampaikan Jokowi di Gedung Putih.

Pernyataan desakan gencatan senjata disampaikan Jokowi saat ia bertemu secara langsung dengan Biden di Gedung Putih pada Senin (13/11) lalu. Jokowi menyebut telah meminta AS untuk berperan menyetop serangan Israel di Gaza. Namun, upaya itu tidak ditanggapi Biden.

“(Biden) tidak menanggapi. Artinya, mungkin masih ditampung jadi pemikiran. Saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti, saya pastikan dicatat, menjadi catatan,” kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (20/11).

Jokowi mendorong empat poin saat membahas Gaza dengan Biden. Empat hal itu adalah setop kekejaman Israel, gencatan senjata, penghentian perang, dan pembukaan jalur distribusi bantuan kemanusiaan.

Dia menegaskan Indonesia akan terus berjuang menyetop perang di Gaza. Salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah menggalang dukungan politik internasional.

Lebih dari sebulan agresi Israel atas Palestina, lebih dari 13.000 warga tewas di antaranya adalah warga sipil dan 5.500 anak-anak. Hari ini (20/11), Jokowi kembali melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang berasal dari anggaran pemerintah dan inisiatif masyarakat dengan nilai total Rp31,9 miliar.

Jokowi berkata bantuan berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan sejumlah keperluan rakyat Palestina. Bantuan dikirim melalui Al Arish, Mesir. Indonesia mendorong gencatan senjata segera dilakukan. Jokowi juga berharap jalur bantuan kemanusiaan menuju Gaza juga bisa diperlancar.

“Sekali lagi saya tegaskan Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ucap Jokowi.

Sebelumnya, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina pada Sabtu (4/11). Saat itu, bantuan yang dikirimkan sebanyak 51,5 ton. Bantuan gelombang pertama itu berupa bahan makanan, peralatan medis, selimut, tenda, dan kebutuhan logistik lainnya. Bantuan itu disalurkan melalui Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments