Tuesday, May 28, 2024
HomeBerita NasionalPemerintah Akan Wajibkan PLN Beli Listrik dari PLT Sampah

Pemerintah Akan Wajibkan PLN Beli Listrik dari PLT Sampah

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri ESDM Arifin Tasrif tengah membahas rancangan undang-undang (RUU) Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBET) dengan Komisi IV DPR RI. Dalam kesempatan itu, Arifin menerangkan dalam RUU tersebut akan diatur pengelolaan sampah menjadi listrik atau pembangkit listrik tenaga (PLT) sampah.

“Kami perlu mengangkat untuk mempertimbangkan melengkapi kebijakan umum pengelolaan sampah menjadi energi, yaitu pemanfaatan sampah organik dan sampah kota sebagai sumber energi merupakan salah satu program pengembangan bioenergi nasional,” kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Gedung DPR RI Senayan, Senin (20/11/2023).

Nantinya, pemerintah mewajibkan PT PLN (Pesero) membeli listrik yang dihasilkan dari PLT Sampah. Mekanismenya akan diatur oleh pemerintah sendiri. “Pemerintah mewajibkan PT PLN untuk membeli listrik yang dihasilkan dari PLT Sampah untuk mendukung Pemda mengatasi masalah sampah. Ketentuan pembelian listrik mengacu pada kebijakan energi nasional dan rencana umum ketenagalistrikan,” jelasnya.

Terkait formula tarif listrik dari pembangkit listrik tenaga sampah juga akan diatur oleh Menteri ESDM. Arifin menjelaskan pengelolaan sampai menjadi tenaga listrik ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta memanfaatkan sampah sebagai sumber energi.

Program ini juga termasuk dalam penerapan co-firing pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara dengan menggunakan limbah sampah. Hal ini juga sudah masuk dalam Peraturan Menteri ESDM.

“Rancangan Permen tentang penerapan co-firing pada PLTU telah disetujui Presiden RI, peraturan tersebut bertujuan mengatasi masalah limbah, meningkatkan pangsa EBT, dan mengurangi emisi dari PLTU. Peraturan tersebut mengatur penerapan co-firing untuk PLTU milik PT PLN dan PLTU milik IPP, serta PLTU yang berlokasi di wilayah usaha tertentu,” jelas dia.(Red)

Sumber: detikcom

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments