Monday, May 27, 2024
HomeBerita NasionalDPR Resmi Sahkan Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

DPR Resmi Sahkan Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Media Indo Pos,Jakarta – Rapat Paripurna DPR ke-9 masa sidang II 2023-2024 secara resmi telah mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Agus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang resmi memasuki masa pensiun pada 26 November.

“Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi I DPR atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?” kata Puan Maharani yang memimpin rapat paripurna, disambut teriakan setuju para anggota dewan.

Sebelum disahkan di Paripurna, Agus telah menjalani sejumlah rangkaian fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Rangkaian fit and proper test mulai dari seleksi administrasi, rapat dengar pendapat, hingga verifikasi faktual atau kunjungan kediaman.

Dalam paparannya di Komisi I DPR, Agus memaparkan sejumlah program prioritas mulai dari peningkatan SDM, profesionalitas, dan kesejahteraan aparat. Dia mengusung visi Prima, kependekan dari profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif.

“Sebagai tambahan terkait kesejahteraan, pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa atas semua jasa serta pengorbanan para pejuang dan senior TNI, saya akan memberikan perhatian kepada purnawirawan dan warakawuri,” ucap Agus.

Agus diusulkan Presiden Joko Widodo menjadi calon panglima TNI pengganti Yudo lewat Surpres yang dikirim ke DPR pada akhir Oktober lalu. Nama Agus diusulkan kurang dari lima hari setelah dirinya ditunjuk sebagai KSAD. Jalur kilat Agus sebagai Panglima sempat menuai sorotan. Agus konon ditunjuk karena kedekatannya dengan Presiden waktu sama-sama di Solo. Namun hal itu dibantah oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko.

“Tidak ada percepatan, tidak ada upaya tetek bengek, memang sudah waktunya,” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (9/11).

Sebelum menjadi KSAD, sejumlah jabatan yang pernah diemban Agus antara lain, Dandim 0735/Surakarta (2009-2011), Danrindam II/Sriwijaya (2016-2017), Danrem 061/Surya Kencana (2020), Danpaspampres, Pangdam Siliwangi, hingga Wakasad.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments