Monday, May 20, 2024
HomeHukum & KriminalChristoper Steffanus Klaim ke Thailand Buat Cari Duit Ganti Rugi Jessica Iskandar

Christoper Steffanus Klaim ke Thailand Buat Cari Duit Ganti Rugi Jessica Iskandar

Media Indo Pos,Jakarta – Christoper Steffanus Budianto, tersangka penipuan terhadap artis Jessica Iskandar, sempat kabur ke beberapa negara hingga tertangkap di Thailand. Christoper mengaku kabur ke luar negeri untuk menjalankan usaha agar bisa mengganti kerugian Jessica Iskandar senilai Rp 9,8 miliar.

“Sementara hasil interview, yang bersangkutan mau bekerja atau bisnis di negara-negara tersebut. Jadi yang bersangkutan mencoba mencari satu pekerjaan yang bisa mengumpulkan sejumlah dana untuk dikembalikan kepada para korban yang ada di Jakarta,” kata Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Yuliansyah mengatakan di Thailand, yang juga merupakan negara terakhir pelariannya, Christoper membangun bisnis penyewaan mobil. Diketahui Christoper sudah tinggal selama tiga bulan di sana. “Yang bersangkutan melaksanakan bisnis di sana berkaitan dengan masih dengan kegiatan sewa kendaraan,” jelasnya.

Polisi menyebut Christoper hanya seorang diri saat melakukan pelarian. Hanya, dia memilih menjalankan bisnis di Thailand lantaran sudah ada relasi dengan teman-teman yang tinggal di sana.

“Di Bangkok sendiri, kalau kami dapat keterangan dari imigrasi itu sekitar 3 bulan di Bangkok. Di Thailand yang bersangkutan tidak ada keluarga. Tetapi memang sudah mempunyai relasi-relasi teman-teman bisnis dari si tersangka,” jelasnya.

Join Bisnis dengan Bos Hotel
Steven mengaku ke Thailand untuk membangun jaringan bisnis demi mengembalikan uang kepada Jessica Iskandar. Steven cukup lihai mendekati pengusaha Thailand hingga akhirnya berkenalan dengan salah satu bos hotel di Bang Na, Thailand.

Bos hotel Thailand itu tampak mengantarkan Steven ke Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, pada Selasa (21/11/2023) sore kemarin. Mereka berpelukan saat akan berpisah.

“Itu owner hotel (menyebut nama hotel) di sini, di Bang Na,” kata Steven.

Steven menjelaskan dirinya mengenal bos hotel itu hingga join bisnis dengannya. Bisnisnya adalah penyewaan mobil. “Aku kerja sama sama dia, sewa mobil juga. Mobil untuk hotel,” katanya.

Sebelumnya, Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah mengatakan Steven ke Thailand untuk menjalankan bisnis di sana.

“Tapi diduga menjalankan bisnis, seperti apa (bisnisnya) kita masih dalami, seperti apa pekerjaannya, selama meninggalkan Indonesia nanti kami penyidik akan dalami pengembangan akan kami sampaikan,” kata Yuliansyah kepada wartawan, Selasa (21/11).

Tertangkapnya Steven di Thailand ini berkat kerja sama police to police antara Polri melalui Divisi Hubinter Polri dan Kepolisian Thailand (Royal Thai Police). Christoper selama ini diketahui sempat ke Singapura, Malaysia, dan terakhir di Thailand.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments