Thursday, May 23, 2024
HomeBerita NasionalTemuan Kasus Cacar Monyet di DKI Jakarta Bertambah Jadi 42

Temuan Kasus Cacar Monyet di DKI Jakarta Bertambah Jadi 42

Media Indo Pos,Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat temuan total kasus cacar monyet atau monkeypox di Jakarta kini berjumlah 42 orang sejak pertama kali ditemukan pada Agustus 2022.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan satu kasus yang ditemukan pada 2022 lalu telah sembuh.

“Kasus positif hanya tahun 2023 adalah 41 orang, positivity rate PCR 24 persen,” kata Ngabila dalam keterangannya, Rabu (22/11).

Ngabila menjelaskan semua pasien adalah laki-laki dengan rentang usia 25 sampai 50 tahun. Mereka bergejala ringan dan tertular melalui kontak seksual. Sebanyak 24 pasien telah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi di rumah sakit.

Ia mengatakan sejauh ini terdapat dua orang yang diduga bergejala cacar monyet. Sementara 132 orang lain yang sempat masuk kategori suspek telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR. Vaksinasi dosis satu cacar monyet telah diberikan kepada 495 orang. Sedangkan dosis dua baru diterima 13 orang.

“Peserta vaksin adalah kelompok populasi berisiko yaitu kontak erat kasus positif monkey pox dan populasi kunci tertentu yang berisiko,” ujarnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments