Thursday, May 23, 2024
HomeInternationalWorldJoe Biden Jamin Warga Palestina Tak 'Diusir' Israel dari Gaza-Tepi Barat

Joe Biden Jamin Warga Palestina Tak ‘Diusir’ Israel dari Gaza-Tepi Barat

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan warga Palestina tidak akan terusir dari tanah mereka yang kini tersisa di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Biden mengatakan AS menentang segala upaya merelokasi warga Palestina secara paksa dari Jalur Gaza dan Tepi Barat, tindakan yang dilakukan Israel selama agresinya berlangsung dalam sebulan terakhir.

Jaminan itu diutarakan Biden saat bertelepon dengan Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi pada Rabu (22/11).

“Presiden Biden menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak akan membiarkan relokasi paksa warga Palestina dari Gaza atau Tepi Barat, atau pengepungan Gaza, atau penyusunan ulang perbatasan Gaza,” bunyi pernyataan Gedung Putih pada Rabu (22/11).

“Ia (Biden) juga menegaskan bahwa Gaza tidak boleh menjadi tempat perlindungan bagi Hamas karena bisa mengancam Israel dan Palestina, serta membahayakan jalan menuju perdamaian.”

Dalam percakapannya dengan Al Sisi, Biden juga menegaskan komitmen AS terhadap pembentukan negara Palestina. Selama ini, Biden mengaku mendukung solusi 2 negara, di mana Palestina dan Israel masing-masing berdiri menjadi negara berdaulat yang hidup berdampingan. Ia juga mengapresiasi peran penting Mesir selama ini dalam membantu menangani konflik Palestina dan Israel.

Biden dan Al Sisi juga sepakat memantau penerapan gencatan senjata antara Hamas dan Israel yang disepakati pada Rabu, sebulan lebih setelah perang pecah di Jalur Gaza hingga menewaskan lebih dari 14 ribu warga sipil.

Kedua pemimpin juga membahas penerapan jeda kemanusiaan lebih lanjut di Gaza, termasuk peluang gencatan senjata permanen di wilayah itu. Selain Al Sisi, Biden juga menelepon Emir Qatar. Qatar, Mesir, dan AS memang turut serta membantu perundingan gencatan senjata antara Israel-Hamas.

Di awal-awal agresinya, Israel sempat memerintahkan warga Palestina untuk angkat kaki dari utara dan tengah Gaza jika tak ingin terkena gempuran militer mereka.

Israel bahkan mengancam akan mengepung dan membombardir wilayah utara Gaza yang memang menjadi target utama gempuran selama agresi berlangsung. Tak hanya permukiman warga sipil, militer Israel bahkan menggempur sekolah, kamp pengungsi, hingga rumah sakit tanpa ampun yang diyakini mereka menyembunyikan milisi Hamas dan infrastrukturnya.

Namun, sejauh ini, Israel tak pernah benar-benar bisa membuktikan jika rumah sakit hingga sekolah yang digempurnya itu menyimpan infrastruktur Hamas. Belum ada pula lembaga internasional independen yang bisa membuktikan klaim Israel itu.

Sejauh ini, Hamas telah menantang Israel dan meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) datang dan melihat sendiri situasi di Gaza.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments